Find Us On Social Media :

Jangan Abaikan, Kenali Beberapa Jenis Penyakit yang Disebabkan Karena Sakit Kepala, Apa Saja?

Ada beberapa macam penyakit yang disebabkan karena sakit kepala, apa saja?

 

GridKids.id - Sakit kepala kerap dialami oleh siapa saja hampir di segala umur.

Sakit kepala merupakan rasa sakit dari aktivitas yang terjadi di otak. Tahukah kamu bahwa sakit kepala dapat menjadi gejala penyakit lainnya dari segala masalah kesehatan. Sakit kepala yang disebabkan karena kondisi medis disebut sebagai kepala sekunder. Adapun beberapa penyebab sakit kepala sekunder yang perlu kamu waspadai, yaitu: 1. Dehidrasi Dehidrasi merupakan suatu kondisi di mana seseorang mengalami kekurangan cairan dalam tubuh untuk menjalankan fungsi organnya.

Rasa haus enggak selalu menjadi indikator awal yang dapat diandalkan sebagai tanda tubuh butuh air minum. Sakit kepala sering muncul bersamaan dengan dehidrasi lainnya, salah satunya mulut kering.Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Sakit Kepala Bisa Jadi Tanda Awal 5 Penyakit Ini

Dehidrasi ringan juga dapat menyebabkan sakit kepala. 2. Pendarahan otak Pendarahan otak merupakan salah satu kondisi darurat medis yang memerlukan perawatan di rumah sakit. Gejala pendarahan otak termasuk sakit kepala parah, penglihatan kabur, kelemahan pada satu sisi hingga leher kaku. Secara umum, pendarahan otak terjadi karena darah kotor dari pembuluh darah yang rusak masuk ke dalam membran dan menutupi otak sehingga menyebabkan tekanan dan rasa sakit. 3. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana kekuatan darah terhadap dinding arteri cukup tinggi. Beberapa orang yang mengalami hipertensi akan merasakan gejala sakit kepala, sesak napas atau mimisan. Sakit kepala karena hipertensi biasa terjadi di kedua sisi kepala.

Baca Juga: Banyak Digunakan, Ketahui 5 Dampak Buruk Mengonsumsi MSG Berlebihan, Salah Satunya Sakit Kepala

4. Meningitis Meningitis merupakan peradangan pada cairan dan selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang kita. Pembengkakan akibat meningitis biasanya memicu tanda dan gejala seperti sakit kepala, demam dan leher kaku. 5. Sinus Infeksi sinus secara medis terjadi saat rongga hidung, bengkak dan meradang. Penumpukkan cairan di sinus bisa menyebabkan kuman tumbuh dan infeksi sinus. Peradangan di rongga sinus bisa menyebabkan rasa sakit kepala dan tekanan. Itulah beberapa macam jenis penyakit yang disebabkan karena sakit kepala, salah satunya hipertensi.

Baca Juga: Wajib Waspada, Ini 4 Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.