Find Us On Social Media :

Nyesel Baru Tahu, Ternyata Ini 3 Manfaat Makan Kacang yang Baik bagi Diabetes

Kacang tanah memiliki manfaat yang baik bagi pengidap diabetes.

GridKids.id - Siapa di antara kamu yang suka dengan kacang?

Kacang merupakan salah satu camilan yang enak dan sehat yang juga sangat digemari. Namun tahukah kamu, ternyata kacang memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya sangat baik untuk pengidap diabetes karena kacang dapat mengontrol gula darah. Diabetes merupakan kondisi kesehatan kronis di mana akan memengaruhi tubuh seseorang dan mengubah makanan jadi energi. Ada beberapa jenis diabetes seperti tipe 1, tipe 2 dan diabetes gestasional. Adapun beberapa gejala umum diabetes seperti: 1. Merasa sering haus. 2. Kencing banyak di malam hari.Baca Juga: Lebih Sehat dari Beras Putih, Ketahui 4 Manfaat Beras Cokelat untuk Kesehatan, Baik untuk Penyandang Diabetes

3. Merasa sering lapar. 4. Berat badan menurun. 5. Penglihatan kabur. 6. Merasa lelah. 7. Memiliki penglihatan kabur. 8. Kesemutan di kaki dan tangan. 9. Kulit kering. 10. Memiliki banyak infeksi dari biasanya. Pengidap diabetes harus memastikan kadar gula darah agar enggak terlalu cepat naik sehingga akan berhati-hati tentang makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Ampuh Atasi Hipertensi Hingga Diabetes dengan Bermodalkan Daun di Belakang Rumah Ini

Kacang tanah mengandung vitamin B terutama biasin, folat dan vitamin E yang sangat baik untuk pengidap diabetes. Berikut beberapa manfaat kacang yang baik bagi pengidap diabetes, yaitu: 1. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular Dalam sebuah jurnal menunjukkan bahwa makan kacang tanah dapat menurunkan risiko komplikasi umum diabetes yaitu kardiovaskular. Kacang yang ditambahkan ke dalam makanan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, komplikais umum diabetes lainnya. 2. Membantu mengontrol berat badan Kacang tanah juga dapat membantu kita agar merasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar.

Efeknya dapat membantu kamu untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan mengontrol kadar glukosa lebih baik. 3. Menurunkan risiko diabetes

Baca Juga: Pantang Bagi Penyandang Diabetes, 5 Buah Ini Mengandung Gula yang Tinggi

Makan kacang tanah dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 menurut studi dari The Jurnal Asosiasi Medis Amerika.

Kacang tanah juga memiliki lemak tak jenuh dan nutrisi yang membantu tubuh untuk mengatur insulin. Nah, itulah beberapa manfaat baik memakan kacang tanah bagi pengidap diabetes salah satunya menurunkan risiko diabetes.

Baca Juga: Kenali 4 Bahaya Konsumsi Makanan Cepat Saji yang Memicu Sembelit hingga Diabetes

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.