Find Us On Social Media :

Mengenal Renaisans, Era Pembaruan Ilmu Pengetahuan Eropa Pasca Abad Pertengahan

Potret masyarakat Eropa pada masa renaisans atau era pembaruan ketika mulai terjadi gerakan perubahan untuk mengembalikan kejayaan Kekaisaran Romawi.

GridKids.id - Kids, sebelum masuk era Aufklarung atau zaman Pencerahan, Eropa berada dalam era renaisans yang terjadi pada abad ke 14-17.

Renaisans berasal dari bahasa latin renaitre terbuat dari re yang berarti kembali dan naitre yang berarti lahir. Sehingga bisa diartikan renaisans berarti terlahir kembali.

Renaisans dimulai dari keruntuhan Kekaisaran Romawi pada abad IV Masehi yang menyebabkan meredupnya peradaban di Eropa. Selama 1000 tahun setelahnya Eropa berada dalam abad Pertengahan.

Ketika era pertengahan, inovasi dan kreasi masyarakat Eropa terbatas.

Inilah kenapa abad pertengahan juga dikenal sebagai abad kegelapan atau dark ages.

Era renaisans ditandai dengan kemunculan kembali budaya Yunani dan Romawi yang menghargai berbagai penghargaan pada keindahan, keluhuran, dan logika.

Renaisans meyakini bahwa manusia bisa mencapai hal-hal paling maksimal dalam hidupnya jika hak-hak individu yang dihargai.

Itulah yang membuat orang-orang harus lepas dari pengaruh dan dominasi agama.

Agama dikembalikan pada diri masing-masing dan setiap manusia dibebaskan untuk mengurus kehidupannya sendiri tanpa dicampuri oleh hal lain.

Baca Juga: 5 Ilmuwan Terpopuler Beserta Temuan Pentingnya yang Mengubah Dunia, Sudah Tahu?

Tokoh-Tokoh Renaisans

Seiring waktu renaisans membuat peran agama dalam kehidupan manusia semakin berkurang, dan berganti menjadi semakin menguatnya fungsi dan peran negara untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.