Find Us On Social Media :

Bagaimana Modernisasi Memengaruhi Gaya Hidup dan Cara Berpikir Masyarakat?

Bagaimana Modernisasi Memengaruhi Gaya Hidup dan Cara Berpikir Masyarakat? Materi Kelas 6 SD Tema 9

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 kali ini, kamu akan mempelajari tentang modernisasi. Apakah kamu tahu apa itu modernisasi, Kids? Secara singkat, modernisasi merupakan proses perubahan yang belum maju menuju ke arah yang lebih modern. Dengan modernisasi, kehidupan masyarakat akan meningkat disegala hal dan bisa menjadi lebih sejahtera. Agar kamu lebih memahaminya lagi, yuk, kita simak materi modernisasi di bawah ini dengan mengerjakan soalnya! Ciri-Ciri Modernisasi Adapun beberapa ciri modernisasi, yaitu: 1. Perpindahan masyarakat yang tinggi. 2. Masyarakat lebih heterogen yaitu bermacam-macam.

Baca Juga: Mengidentifikasi Cerita Fiksi 'Teropong Binokular dan Bintang Jatuh', Kelas 6 SD

3. Alat komunikasi semakin canggih.

4. Memiliki pengumpulan data yang teratur. 5. Berpikir ilmiah di dalam kehidupan sehari-hari. Contoh Soal dan Jawaban

1. Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat? Jawab: Modernisasi dapat memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern melalui kebutuhan sehari-hari dan kehidupan sosialnya. Sama seperti saat ini, kita enggak hanya bisa menjalin pertemanan secara langsung, kita juga bisa berteman secara online lewat media sosial. Modernisasi juga mengubah cara pola berpikir masyarakat, misalnya saat sedang gerhana matahari, masyarakat sudah menganggapnya sebagai sebuah fenomena alam yang indah.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 6 Tema 6: Sikap Mempertahankan Kemerdekaan

Masyarakat enggak lagi ketakutan karena dulunya, mereka menganggap gerhana matahari sebagai ulat dari Buta Kala di dalam cerita masyarakat. 2. Apa saja contoh dari pengaruh modernisasi? Jawab: - Perubahan penggunaan bahasa sehari-hari. - Perubahan perilaku dan cara berpikir generasi yang lebih muda. 

- Masyarakat banyak melakukan kegiatan perekonomian secara online.

- Cara berpakaian masyarakat lebih beragam.

3. Lalu, apa dampak negatif modernisasi terhadap budaya masyarakat?

Jawab:

Baca Juga: Mengenal Ciri dan Karakteristik Anggota Tata Surya, Materi Kelas 6 SD