Find Us On Social Media :

Proses Sosialisasi: Syarat-Syarat dan Tujuan, Sosiologi Kelas 10 SMA

Ilustrasi beberapa orang sedang berinteraksi dalam kesehariannya.

GridKids.id - Kids, apa yang kamu ketahui tentang sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat?

Secara luas, sosialisasi berarti suatu proses interaksi dan pembelajaran dalam suatu budaya masyarakat yang dilakukan seorang manusia sejak lahir hingga akhir hayatnya.

Sedangkan secara sempit, sosialisasi berarti proses pembelajaran dari manusia supaya bisa mengenali lingkungan yang kelak akan jadi tempatnya hidup, termasuk di dalamnya lingkungan fisik ataupun sosial.

Sosialisasi juga berarti proses belajar mengajar yang membentuk perilaku dalam masyarakat. Proses ini disebut sebagai proses penanaman nilai, kebiasaan, dan aturan-aturan bertingkah laku dalam masyarakat dari generasi ke generasi.

Proses sosialisasi yang berhasil akan membentuk individu dalam masyarakat yang sadar peran dan statusnya dalam budaya masyarakat.

Selanjutnya akan dijelaskan tentang syarat dan fungsi dari sosialisasi dalam masyarakat. Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini!

Syarat-syarat sosialisasi

Proses sosialisasi berguna dalam pembentukan individu masyarakat yang bisa menjalankan nilai-nilai yang sesuai dengan aturan masyarakat.

Berikut adalah beberapa syarat dan tujuan yang diperlukan untuk mewujudkan proses sosialisasi dalam masyarakat, di antaranya:

Baca Juga: Kenapa Seseorang Harus Punya Etika dalam Kehidupan Sehari-Hari? #AkuBacaAkuTahu

1. Materi atau bentuk hal yang disosialisasikan pada masyarakat berbentuk nilai, norma, dan peran.

2. Menjelaskan cara mensosialisasikan dengan melibatkan proses pembelajaran.