Find Us On Social Media :

Kenali Penyebab Kram Perut yang Kerap Dialami, Bisa Jadi Karena 9 Hal Ini

Penyebab kram lerut bisa disebabkan karena kondisi atau masalah kesehatan.

GridKids.id - Apakah kamu pernah mengalami kram pada perut, Kids? Enggak hanya kram pada tangan dan kaki saja, perut juga kerap mengalami kram yang cukup mengganggu. Kram membuat kita jadi enggak nyaman walaupun penyebab dari kondisi ini kebanyakan enggak berbahaya. Meski begitu, kamu tetap harus waspada jika merasakan kram perut yang berkepanjangan atau sifatnya kronis. Berikut beberapa kemungkinan penyebab kram pada perut yang harus kamu tahu. 1. Otot Perut Tegang Sering berolahraga seperti sit-up yang mengandalkan kekuatan otot perut tanpa pemanasan yang cukup dan menyebabkan otot perut jadi tegang dan kram. 2. Kekurangan Cairan Saat tubuh berkeringat, muntah atau diare tanpa diimbangi dengan asupan cairan yang cukup, otot akan rawan kram di bagian perut.

Baca Juga: Sering Alami Kram Tangan? Bisa Jadi Penyebabnya Karena 3 Hal Ini

3. Adanya Penumpukkan Gas di Perut Gas yang menumpuk di dalam perut juga bisa memicu kram seperti perut kembung, begah dan bersendawa atau kentut. 4. Penyakit Radang Usus

Penyebab kram pada perut yang berkepanjangan kemungkinan terkait peradangan kronis usus seperti penyakit crohn dan kolitis ulserativa. 5. Sindrom Iritasi Usus Besar Sindrom iritasi usus besar dapat menyebabkan gangguan jaringan usus seperti radang usus. Selain merasakan kram perut, pengidap juga merasakan kembung, sembelit atau diare bergantian dan perut begah. 6. Penyakit Radang Lambung Peradangan lambung terkait penyakit gastritis atau gastroenteritis dapat menyebabkan gejala kram perut, mual dan muntah biasa disebabkan virus atau bakteri.

Baca Juga: Sering Mengalami Kram Kaki Ketika Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya

7. Sembelit Sembelit atau susah buang air besar juga bisa disebabkan karena tekanan ekstra pada usus sehingga membuat kram pada perut. 8. Ileus Gangguan usus atau illeus menyebabkan pergerakan usus jadi berkurang. Kondisi ini juga dapat terjadi karena infeksi, peradangan, efek samping operasi atau kurang gerak. 9. Gastroparesis Gastroparesis merupakan gangguan otot lambung yang bisa menyebabkan gerakan pencernaan melambat. Kondisi ini kerap dirasakan pengidap diabetes yang ditandai dengan gejala kram perut setelah makan. Itulah beberapa penyebab kram pada perut yang sering mengganggu. Ternyata bisa jadi karena ada kondisi masalah kesehatan tertentu.

Baca Juga: Sering Mengalami Kaki Kram di Malam Hari? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya 

 -----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.