Find Us On Social Media :

Pengertian Bank: Manfaat dan Jenis-Jenis Bank Berdasarkan Fungsinya

Bank adalah lembaga keuangan negara yang berfungsi untuk mendukung kegiatan ekonomi masyarakat.

GridKids.id - Kids, meski pastinya kamu sudah enggak asing dengan bank, apakah yang kamu ketahui tentang lembaga ini?

Kita akan membahas manfaat, jenis dan fungsi bank untuk mengatur jalannya keuangan.

Bank merupakan sebuah lembaga keuangan yang didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan banknote atau transaksi jual atau beli mata uang asing dalam bentuk uang kertas atau tunai.

Sedangkan menurut Bank Indonesia sesuai yang tercantum dalam UU Perbankan 1992, struktur perbankan di Indonesia terdiri dari bank umum dan BPR yang dibedakan operasionalnya.

Bank merupakan sebuah lembaga yang diberi kewenangan untuk menghimpun atau menyimpan dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat luas dalam bentuk kredit maupun bentuk lain yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat luas.

Seiring perkembangan zaman yang serba mobile seperti saat ini, bank bersifat lebih fleksibel atau luwes dalam memberikan berbagai pelayanannya.

Selanjutnya akan dijelaskan tentang manfaat bank dalam masyarakat dan jenis-jenis bank berdasar fungsinya. Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini, Kids.

Manfaat Bank untuk Kehidupan Masyarakat

1. Sebagai model investasi: transaksi derivatif yang bisa jadi salah satu modal investasi.

Meski di bank bentuk umum investasinya adalah investasi jangka pendek (yield enhancement).

Baca Juga: Bagaimana Nasib Uang Rusak yang Ditukarkan ke Bank? Di Mana Bisa Menukarkannya?

2. Cara melindungi nilai: salah satu cara untuk menghilangkan risiko dengan cara melindungi nilai (hedging) yang dikenal dengan istilah risk management.