Find Us On Social Media :

Sering Alami Kram Tangan? Bisa Jadi Penyebabnya Karena 3 Hal Ini

Penyebab kram pada tangan bisa jadi karena cedera berlebihan.

 

GridKids.id - Kids, apakah kamu pernah mengalami kram pada tangan? Kram pada tangan kerap dialami oleh siapa saja dan membuat kita menjadi enggak nyaman. Biasanya kram pada tangan disebabkan karena kejang otot yang juga digambarkan sebagai kontraksi otot yang enggak terkendali atau enggak disengaja. Kejang atau kontraksi ini dalam beberapa kasus dapat mengganggu kesehatan sebagaian orang. Pada kondisi biasa, kontraksi otot merupakan hasil dari proses normal di dan tubuh termasuk komunikasi antara otak, sumsum tulang belakang dan otot. Jika ada gangguan abnormal pada proses kontraksi otot, kejang otot dan kram bisa saja terjadi. Sering kali, rasa sakit ini sembuh sendiri dalam beberapa menit saja. Lalu, apa saja penyebab kram pada tangan yang kerap dialami? 1. Cedera berlebihan Cedera berlebihan yang terkait dengan gerakan spesifik atau umum terkait dari otot yang digunakan dalam gerakan motorik halus.

Baca Juga: Sering Mengalami Kram Kaki Ketika Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya

Aktivitas yang didapatkan juga akan meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi seperti berikut ini: - Menulis atau mengetik dalam waktu yang lama. - Bermain instrumen musik dalam waktu yang lama. - Fleksi pergelangan tangan yang berlebihan. - Ekstensi jari dan evalasi siku. 2. Radang sendi Rheumatoid arthritis (RA) adalah arthritis yang terjadi saat tubuh menyerang sel-sel sehatnya sehingga menyebabkan rasa sakit di persendian. Pada umumnya radang sendi ini terpengaruh yang menyebabkan gejala seperti: - Nyeri sendi.

Baca Juga: Sering Mengalami Kaki Kram di Malam Hari? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

- Penurunan berat badan. - Kekakuan sendi dan pembengkakan. - Demam, kelelahan dan kelemahan. 3. Ketidakseimbangan elektrolit Elektrolit merupakan zat di dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk menjaga fungsi normal tubuh seperti aktivitas saraf dan otot, hidrasi, tekanan darah dan perbaikan jaringan. Otot membutuhkan keseimbangan elektrolit yang harmonis untuk berfungsi dengan benar dan perubahan pada level ini bisa menyebabkan kontraksi pada otot dan kram tangan. Ketidakseimbangan elektrolit bisa menyebabkan beberapa kondisi seperti: - Dehidrasi parah. - Penyakit ginjal.

Baca Juga: Bisa Ganggu Waktu Istirahat, Ternyata Ini 4 Penyebab Kaki Kram Tiba-Tiba saat Tidur

- Panas berlebihan.

- Muntah berkepanjangan. - Gagal jantung kongesif. - Ketidakseimbangan pH. Nah, itulah 3 penyebab kram pada tangan yang kerap terjadi dan dialami banyak orang. Ternyata salah satunya karena cedera berlebihan.

Baca Juga: Sering Terjadi Saat Olahraga, Ini Cara Aman Mengatasi Kram Tanpa Obat

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.