Find Us On Social Media :

Bisa Jadi Boomerang, Ketahui 5 Dampak Jika Seseorang Terlalu Percaya Diri

Kepercayaan diri merupakan hal yang harus dimiliki manusia. Tapi, terlalu berlebihan bisa membawa dampak buruk bagi dirimu.

GridKids.id - Kids, salah satu sikap yang baik untuk dimiliki seseorang adalah percaya diri.

Jika seseorang memiliki sikap baik ini akan banyak kesempatan terbuka untuk mengembangkan diri dan potensimu sebagai manusia.

Namun, terlalu percaya diri juga memiliki sisi negatifnya, lo! Hal ini bisa berdampak buruk pada kehidupan pribadi dan sosialmu.

Nah, kali ini kamu akan diajak untuk membahas tentang dampak dari terlalu percaya diri terhadap kehidupan yang kamu jalani.

Sikap atau perilaku terlalu percaya diri dikenal juga dengan istilah overconfidence, yang bisa disebabkan oleh pola asuh, budaya yang berkembang di lingkungan seseorang tumbuh, hingga peristiwa traumatik di masa lalu.

Terlalu percaya diri bisa menjadi indikasi penyakit mental tertentu seperti borderline personality disorder.

Terlalu percaya diri bukanlah suatu perilaku yang baik untuk terus dilakukan karena akan membawa dampak yang signifikan dalam hidupmu, termasuk hubunganmu dengan orang-orang yang ada di sekitarmu.

Dampak Terlalu Percaya Diri

1. Melewatkan peluang

Orang yang terlalu percaya diri biasanya tanpa sadar akan melewatkan banyak peluang atau kesempatan yang datang dalam hidupnya.

Baca Juga: Dapat Menerima Kekurangan Diri Sendiri, 4 Zodiak Ini Percaya Diri dan Lebih Kuat

Ketika terlalu percaya diri seseorang bisa saja meremehkan sesuatu dan menolak kesempatan yang datang karena dianggap enggak seimbang dengan kemampuan dan harga dirinya.