Find Us On Social Media :

Mengenal Macam-Macam Ras dan Penyebab Keberagaman Ras di Indonesia

(Ilustrasi) Macam-Macam Ras dan Penyebab Keberagaman Ras di Indonesia

 

GridKids.id - Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki banyak beragam suku, budaya hingga bahasa. Memiliki keberagaman ras enggak hanya terjadi pada negara Indonesia saja, Kids. Keberagaman ras juga bisa terjadi di seluruh dunia. Penyebabnya adalah karena adanya pernikahan antarsuku bangsa. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, ras merupakan suatu pengelompokkan masyarakat berdasarkan kesamaan ciri fisik. Kata ras berasal dari bahasa Latin yaitu radix yang memiliki arti asal atau akar.

Pengelompokkan ras bisa dilihat dari ciri fisik manusia mulai dari warna kulit, rambut, bentuk wajah, hidung dan sebagainya.

Adapun beberapa jenis pembagian ras di Indonesia, yaitu: 1. Ras Malayan-Mongoloid

Ras Malayan-Mongoloid biasanya terdapat di daerah Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi dan Kalimantan.

Baca Juga: Manfaat Mengetahui Keragaman Ras dan Ciri Fisik Masyarakat di Sekitar, Materi Kelas 4 SD Tema 6

Ciri utamanya bisa dilihat dari warna kulit yang kuning langsat dan kecokelatan serta bermata besar. 2. Ras Melanesoid Penduduk dengan ras Melanesoid biasanya tinggal di Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur. Ciri utamanya bisa dilihat dari kulit yang cenderung gelap dan memiliki rambut keriting. 3. Ras Asiatic Mongoloid Penduduk dengan ras Asiatic Mongoloid berasal dari Cina, Jepang dan Korea. Ciri utamanya adalah kulit berwarna kuning dan mata yang sipit. 4. Ras Kaukasoid Ras Kaukasoid berasal dari India, Eropa, Australia dan Amerika Serikat. Ciri utamanya adalah ras warna kulit agak kuning atau putih dan memiliki hidung mancung. Lalu, apa yang menyebabkan keberagaman ras?

Baca Juga: 7 Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya dalam Masyarakat, IPS Kelas VII

Penyebab Keberagaman Ras

1. Letak Indonesia tergolong strategis Indonesia memiliki letak yang strategis sehingga orang mudah untuk berkunjung baik berwisata maupun berdagang di Indonesia. Enggak hanya itu saja, ada banyak pendatang untuk tinggal dan menetap di Indonesia sehingga akan memunculkan berbagai ras di Indonesia. 2. Sikap masyarakat dalam menghadapi perubahan Masyarakat yang setuju dengan adanya perubahan, akan tinggal dengan orang yang berbagai macam dari ras berbeda. Namun sebaliknya, bagi orang yang enggak mau tinggal dengan orang yang berbeda ras, mereka akan tetap sama dengan budayanya sendiri.

3. Kondisi alam Faktor kondisi alam juga dapat berpengaruh pada keberagaman ras di Indonesia, Kids.Baca Juga: Pengaruh Bentang Alam Terhadap Budaya dan Kehidupan Masyarakat di Sekitarnya, IPS 7 SMP

Kondisi alam berupa tempat tinggal, kawasan perkotaan, pedesaan dan tempat lainnya. Enggak hanya itu saja, keberagaman ras juga berpengaruh pada mata pencaharian, kebudayaan dan sebagainya. 4. Luas wilayah dan negara yang berbentuk kepulauan Ada dua hal yang dapat berpengaruh pada keberagaman ras di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia yang memiliki luas wilayah yang besar dan berbentuk kepulauan.

Hal inilah yang dapat mendukung adanya berbagai macam keberagaman ras di Indonesia. Itulah pembahasan tentang macam-macam ras serta penyebab adanya keberagaman ras di Indonesia.