Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Karangan Fiksi 'Barisan yang Menyenangkan', Kelas 6 SD

(Ilustrasi) Kunci Jawaban Karangan Fiksi 'Barisan yang Menyenangkan', Kelas 6 SD Tema 9.

GridKids.id - Pada pembahasan kali ini, kita akan bahas tentang materi tematik kelas 6 SD tema 9.

Kita akan mempelajari tentang karangan fiksi, Kids. Apakah kamu tahu apa itu karangan fiksi? Karangan fiksi merupakan sebuah karangan yang berisi tentang cerita imajinasi atau khayalan yang dibuat oleh pengarang. Adapun watak, alur, cerita, tokoh dan latar belakangnya merupakan hasil dari ide sang penulis. Fiksi atau cerita khayalan ini biasa berupa novel dan cerita pendek yang terdapat tokoh utama dan tokoh tambahan. Agar kamu bisa lebih memahaminya lagi, langsung saja kita simak cerita pendek berikut ini. Setelah membaca cerita pendeknya, kamu bisa langsung mengerjakan soalnya, ya! Barisan yang Menyenangkan

Oleh Amanda Naila

Tiara sedang duduk di halaman belakang rumahnya, menengadah menatap langit malam yang cerah.

Baca Juga: Bagaimana Caramu Menunjukkan Kepedulian terhadap Lingkungan Sekolah? Kelas 6 SD

Siang tadi, gurunya baru menjelaskan tentang tata surya. Tentu, Tiara mengerti tentang delapan planet di tata surya. Ia juga mengerti tentang posisi Matahari sebagai pusat tata surya. Namun, satu hal yang masih menjadi pertanyaan Tiara adalah mengapa Bumi tidak pernah bertabrakan dengan planet-planet lain, padahal jarak mereka sangat dekat.Tanpa Tiara sadari, ayahnya yang baru kembali dari musala mendapatinya sedang melamun. Perlahan, ia menghampiri Tiara dan bertanya, “Hei, anak Ayah kok melamun?”Tiara terkejut dengan kehadiran ayahnya yang tak disadarinya. Ia terlalu lama memikirkan pertanyaannya sendiri. “Oh, Ayah,” ujarnya sembari tertawa. “Aku sedang memikirkan sesuatu yang baru aku pelajari tadi siang. Mengapa ya, Yah, planet-planet bergerak lurus dan tidak menabrak satu sama lain? Mereka terlihat seperti memiliki jalur khusus.Ayah Tiara tersenyum. “Sebenarnya, planet-planet itu memang mempunyai jalur mereka sendiri. Jalur itu bernama orbit. Planet-planet ini bergerak mengikuti orbit yang mengelilingi Matahari sebagai pusat tata surya.

Orbit planet-planet itu berbentuk elips. Oleh karenanya, planet-planet di dalam sistem tata surya tidak akan menabrak satu sama lain.”Tiara yang sedari tadi mendengarkan dengan saksama penjelasan ayahnya, akhirnya pun mengangguk. “Benar-benar sebuah keajaiban Tuhan ya, planet-planet itu bergerak mengikuti orbitnya sendiri.”

“Tiara, Ayah, kita makan sama-sama, yuk! Ayah pasti juga sudah lapar. Ibu sudah siapkan,” tiba-tiba Ibu bergabung mengajak mereka makan.

Ayah Tiara mengusap rambut putrinya dengan lembut. “Ya, benar-benar sebuah bukti kebesaran Tuhan. Nah, sekarang, yuk kita makan malam untuk merasakan kebesaran Tuhan bagi tubuh kita!”.

Baca Juga: Mengapa Cerita Fiksi Disebut Sebagai Cerita Khayalan? Materi Kelas 6

Contoh Soal dan Jawaban

1. Siapa tokoh utama di dalam karangan fiksi di atas? Jawab: Tokoh utamanya adalah Tiara dan Ayahnya.