Find Us On Social Media :

Kasus Positif COVID-19 Meningkat Seminggu Terakhir, Begini Pendapat Juru Bicara Satgas COVID-19

Terjadi peningkatan kasus positif COVID-19 di Indonesia seminggu terakhir.

GridKids. id - Peningkatan kasus harian COVID-19 di Indonesia terjadi pada pekan awal bulan Januari 2022.

Grafik ini jelas meningkat hampir 2-3 kali lipat dari jumlah kasus harian yang terjadi pada pekan sebelumnya atau pada minggu akhir desember 2021.

Pada 30 Desember 2021 terhitung 189 kasus dan pada 31 Desember 2021 terdapat 180 kasus.

Namun, saat ini kasus infeksi harian sudah terkonfirmasi menyentuh angka 500-an kasus, lajunya naik dan turun dan enggak selalu menunjukkan angka peningkatan.

Kondisi terkini COVID-19 di Indonesia

Hal ini bisa dilihat dari angka kasus yang terlihat pada tiga hari terakhir setelah pemberlakuan PPKM diumumkan oleh pemerintah, yaitu 5 Januari 2022 ada 404 kasus, 6 Januari 2022 ada 533 kasus, dan pada 7 Januari 2022 ada 518 kasus.

Dilansir dari Kompas.com, Prof. Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, memberikan alasan peningkatan kasus yang terjadi belakangan merupakan dampak dari masuknya kasus-kasus yang datang dari luar negeri.

Kasus positif COVID-19 varian Omicron yang dibawa oleh para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yaitu para pekerja migran Indonesia, mahasiswa atau pelajar di luar negeri, ASN (Aparatur Sipil Negara), masyarakat umum, dan WNA (Warga Negara Asing).

Sebagian dari para pelaku perjalanan luar negeri itu datang ke Indonesia dalam kondisi sudah terpapar varian Omicron dari negara tempatnya berasal.

Baca Juga: WHO: Varian Omicron Tak Boleh Dianggap Remeh Meski Gejala Ringan

Perkembangan Kasus Varian Omicron di Indonesia

Berdasarkan perkembangan terbaru yang diumumkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, di Indonesia sudah terdapat 254 kasus positif COVID-19 varian Omicron.

Dari 254 kasus, 239 kasusnya dibawa oleh PPLN dan sisanya 15 kasus berupa kasus transmisi lokal.

Meski begitu varian Omicron belum menunjukkan peningkatan kasus di tengah masyarakat namun, hal ini harus dilihat detail atau rincian di tiap daerahnya.

Kondisi transmisi lokal yang sudah mencapai angka belasan dan terjadi di berbagai daerah di Indonesia memungkinkan adanya potensi lonjakan kasus yang lebih tinggi dari yang sudah terjadi saat ini.

Masyarakat diimbau tetap menjadi protokol kesehatan dalam beraktivitas setiap harinya, juga mengupayakan menunda perjalanan ke luar negeri sampai situasi lebih bisa terkendali.

Baca Juga: Pentingnya Melacak Kontak Erat Pasca Temuan Baru Kasus Omicron, Begini Penjelasannya

 

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.