Find Us On Social Media :

Mengapa Cerita Fiksi Disebut Sebagai Cerita Khayalan? Materi Kelas 6

Mengapa Cerita Fiksi Disebut Sebagai Cerita Khayalan? Kunci Jawaban Kelas 6 SD.

GridKids.id - Pada pembahasan kali ini, kita akan bahas tentang materi tematik kelas 6 SD tentang cerita fiksi.

Apakah kamu tahu apa itu cerita fiksi, Kids? Cerita fiksi adalah cerita yang dibuat berdasarkan imajinasi atau yang kita khayalkan sendiri. Pada umumnya, penulis cerita fiksi memiliki keinginan yang tak tersampaikan sehingga mereka membuat cerita tersebut. Namun, mereka juga menyampaikan cerita tersebut dengan pesan moral. Salah satu bagian dari cerita fiksi adalah dongeng fabel. Dongeng fabel merupakan cerita yang bertokoh binatang seperti Si Kancil.

Selain itu, ada juga cerita nonfiksi yang dibuat berdasarkan kisah nyata. Cerita nonfiksi ini biasanya diceritakan tentang bagaimana perjalanan hidup seseorang.

Agar kamu lebih memahaminya lagi, langsung saja kita simak contoh soal dan kunci jawabannya di bawah ini!

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Nilai-Nilai Kepemimpinan yang Dimiliki Pak Abdi, Kelas 6 SD

Contoh Soal dan Jawaban

1. Mengapa cerita fiksi disebut dengan khayalan? Jawab: Disebut sebagai khayalan karena alur ceritanya dibuat dari otak yang memerlukan imajinasi untuk membuat cerita. Cerita fiksi dibuat berdasarkan imajinasi pengarang. Selain itu, cerita fiksi juga dapat mengatur hidup sang tokoh sesuai dengan keinginan kita. Berbeda dengan kehidupan nyata, di mana kita enggak bisa seenaknya mengatur orang lain dan bahkan untuk diri sendiri. 2. Apa saja jenis-jenis cerita fiksi? Jawab: Adapun beberapa jenis cerita fiksi dalam dongeng:

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Teks 'Benda Langit di Sekitar Kita', Kelas 6 SD

- Sage - Mite - Fabel - Legenda - Cerita jenaka

3. Mungkinkah cerita fiksi memiliki kesamaan yang sama dengan kehidupan seseorang? Jawab: Cerita fiksi mungkin saja memiliki kesamaan di dalam kehidupan seseorang karena biasanya cerita fiksi dibuat berdasarkan sejarah, kejadian atau pengalaman hidup sang penulis.

Biasanya juga akan sedikit dibumbui imajinasi-imajinasi dari penulisnya.

Nah, itulah pembahasan tentang materi kelas 6 SD tentang cerita fiksi beserta contoh soal dan kunci jawabannya.