Find Us On Social Media :

Lebih Semangat Berolahraga Jika Mendengarkan Musik Bertempo Cepat? Ini Penjelasannya

Melakukan jogging sambil mendengarkan musik bertempo cepat bisa menambah semangat untuk berlari lebih jauh.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa mendengarkan musik dengan tempo cepat bisa membuatmu semangat berolahraga?

Musik yang memiliki tempo cepat disebut bisa meningkatkan mood pendengarnya untuk aktif bergerak.

Dilansir dari klikdokter.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa musik dengan tempo cepat baik untuk didengarkan ketika sedang berolahraga terutama ketika melakukan olahraga dengan intensitas tinggi seperti push-up, squat, atau jumping jacks.

Musik bertempo cepat bisa menambah semangat berolahraga?

Olahraga intensitas tinggi atau high-intensity interval training (HIIT) membutuhkan konsistensi dan ditandai dengan intensitas singkat yang dilakukan berulang kali dengan diselingi waktu rehat sebelum memulainya kembali.

Jenis olahraga ini merupakan olahraga yang dilakukan secara efisien tapi memberi dampak yang nyata pada tubuh orang yang terbiasa kurang aktif.

Namun, jenis olahraga ini juga dianggap kurang menyenangkan untuk orang yang melakukannya, sehingga ada kecenderungan untuk enggak konsisten mengikuti routine-nya sampai selesai, nih, Kids.

Hal ini bisa disiasati dengan melakukan jenis olahraga ini sambil mendengarkan musik dengan tempo yang cepat.

Lagu dengan tempo cepat berpengaruh pada detak jantung dan membuat seseorang yang mendengarkannya sambil berolahraga jadi terpacu untuk konsisten dan bertahan sampai rangkaian olahraga bisa diselesaikan.

Baca Juga: Benarkah Belajar Lebih Efektif Jika Dibarengi dengan Mendengarkan Musik? Begini Penjelasannya

Dilansir dari klikdokter.com, lagu atau musik bertempo cepat bisa membantu mengalihkan perhatian, rasa sakit dan lelah yang dirasakan seseorang.

Efek musik bertempo cepat bagi tubuh

Selain itu, jenis musik ini juga efektif untuk meningkatkan mood juga ketahanan tubuh seseorang.

Disebutkan bahwa jenis musik ini akan mempengaruhi orang lebih bisa bertahan ketika melakukan olahraga seperti berlari, berenang, atau bersepeda.

Hal ini disebabkan karena ketika mendengarkan musik hip-hop atau rock dengan tempo yang cepat, denyut jantung juga ikut lebih cepat mengikuti tempo musik yang didengarkannya, dan memengaruhi kelancaran aliran darah ke otak, otot, dan sendi dalam tubuh.

Selain tempo, para peneliti juga percaya bahwa lirik yang terkandung dalam suatu lagu juga berperan besar untuk mendorong seseorang bisa bertahan menyelesaikan latihan.

Nah, Kids, itulah uraian singkat tentang manfaat mendengarkan musik bertempo cepat saat berolahraga.

Jika kamu kekurangan motivasi untuk menjaga kebugaran tubuhmu selama pandemi, kamu bisa mencoba untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi dengan ditemani musik-musik bertempo cepat di rumah saja, ya.

Baca Juga: Bukan Sekadar Hobi, Siapa Sangka Mendengarkan Musik Punya Banyak Manfaat Tak Terduga

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.