Find Us On Social Media :

Indonesia Umumkan Satu Kasus Transmisi Lokal, Begini Pendapat Epidemiolog

Indonesia umumkan satu kasus transmisi lokal, para epidemiolog berpendapat risiko varian Omicron di tengah masyarakat cukup tinggi.

GridKids.id - Perkembangan terbaru tentang kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia adalah pengumuman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tentang satu kasus transmisi lokal varian Omicron pada hari Selasa (28/12/2021).

Pasien ini merupakan seorang laki-laki berusia 37 tahun yang berasal dari Medan, yang berkunjung ke Jakarta pada 6 Desember 2021 bersama istrinya.

Dilansir dari Kompas.com, fakta lapangan ini disoroti oleh Bapak Tri Yunis Miko, seorang epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI), yang berpendapat bahwa temuan kasus transmisi lokal itu bukanlah yang pertama di Jakarta.

Penularan tersebut disebut bisa jadi merupakan hasil dari banyak kasus yang sudah terjadi dan menyebar kemana-mana.

Baca Juga: Umumkan 1 Kasus Transmisi Lokal, Begini Langkah Pencegahan Kemenkes

Fakta bahwa sebelum melakukan perjalanan ke Jakarta pasien dan istri sudah menjalani tes PCR juga sudah divaksinasi lengkap serta punya riwayat berkunjung ke kawasan publik di SCBD, Jakarta Selatan.

Ketika berkunjung ke kawasan publik itu bisa dipastikan sudah terjadi transmisi penularan atau tertular dari orang lain.

Lalu, seperti apa pandangan epidemiolog dengan temuan kasus transmisi lokal pertama di Indonesia ini? Simak lebih lanjut uraiannya di bawah, yuk!