Find Us On Social Media :

Pengertian Media Massa dan Karakteristiknya Sebagai Informasi Publik

Media massa adalah sarana penyampaian informasi pada masyarakat luas.

GridKids.id - Kids, apakah yang kalian ketahui tentang media massa?

Media massa merupakan sarana penyampaian pesan dan komunikasi informasi yang diperuntukkan untuk diakses oleh masyarakat luas.

Media massa menggunakan berbagai alat komunikasi seperti radio, surat kabar, TV, maupun film.

Tujuan dari media massa adalah menyampaikan nilai-nilai atau pesan pada masyarakat luas tentang adanya perubahan atau peristiwa, bagaimana hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana jalannya supaya bisa mencapainya.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Profesi Jurnalis, Wartawan, dan Reporter Berita

Produk atau hasil dari media massa bisa berupa karangan bebas (cerpen atau novel), berita, ataupun opini yang dimuat dalam media elektronik, media cetak, maupun online.

Media massa memiliki poin-poin karakteristiknya tersendiri, di antaranya:

Karakteristik Media Massa

1. Kontinuitas

Terbit atau rilis secara berkesinambungan atau terus-menerus, sesuai dengan periode mengudara atau jadwal terbitnya, misalkan harian, mingguan, atau bulanan.

2. Publisitas

Disebarluaskan ke masyarakat dan bisa diakses untuk konsumsi masyarakat umum atau orang banyak.

Media massa bisa disebarkan dan diterima oleh siapa saja dan di mana saja, tanpa memandang identitas penerimanya.

Baca Juga: Mengenal Jurnalistik: Pengertian, Konsep, dan Karakteristik Bahasa

3. Aktualitas

Informasi yang dimuat atau masuk dalam pemberitaan media massa biasanya berisikan hal-hal terbaru, seperti info atau laporan berita aktual, tips-tips baru yang relevan dengan kondisi masyarakat saat itu, dan lain sebagainya.

Aktualitas juga bisa diartikan sebagai kecepatan dalam penyampaian info terhadap publik atau khalayak luas.

4. Universalitas

Pesan atau isinya bersifat umum dan berkaitan dengan seluruh aspek kehidupan juga seluruh momen yang ada di berbagai tempat.

Hal ini juga menyangkut kepentingan umum sasaran atau pendengarnya yaitu masyarakat umum.

Media massa bisa mengatasi berbagai rintangan waktu dan jarak yang menghalangi, karena informasi media massa punya sistem yang memungkinkan persebaran informasi bisa berjalan cepat.

Selain itu, gerak perluasan informasi juga bersifat simultan atau bisa diterima orang banyak dalam waktu yang bersamaan.

5. Bersifat satu arah

Komunikasi yang terjadi via media massa enggak memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim informasi (media) dengan penerima informasi.

Ruang untuk memberikan umpan balik atau (feedback) biasanya disediakan, namun untuk meresponnya butuh waktu.

Itulah pengertian media massa dan juga karakteristik yang dimilikinya.

Informasi yang kita dapat setiap harinya baik dari media cetak, media elektronik, ataupun akses informasi via sambungan internet juga adalah produk media massa yang diproduksi untuk menyebar luaskan informasi pada seluruh masyarakat.

Baca Juga: Agen Sosialisasi yang Mendukung Pembentukan Kepribadian, IPS Kelas VII SMP

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.