Find Us On Social Media :

Update: WHO Ungkap 89 Negara Sudah Melaporkan Kasus Positif Omicron

Ilustrasi laporan konfirmasi kasus positif terbaru akibat paparan varian Omicron.

GridKids.id - Perkembangan terbaru yang dilaporkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan total sudah 89 negara yang melaporkan kasus Omicron di negaranya.

Dilansir dari Kompas.com, persebaran varian Omicron diperkirakan akan mendominasi seperti ledakan kasus positif yang disebabkan oleh varian Delta sebelumnya.

WHO mencatat dan menandai bahwa Omicron tetap menyebar dengan cepat bahkan di negara-negara yang memiliki tingkat vaksinasi tinggi dengan sebagian populasi penduduk yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap dan pulih dari paparan COVID-19 sebelumnya.

Pada 26 November 2021 lalu, varian Omicron ditetapkan sebagai Variant of Concern (VoC) oleh WHO, dan hingga kini masih terus dilakukan berbagai penelitian untuk mengungkap lebih banyak fakta dari varian Corona paling baru ini.

Baca Juga: Langkah Pemerintah Terkait Masuknya Virus Corona Varian Omicron di Indonesia

Anggapan yang menyatakan bahwa varian Omicron bisa menyebar dengan cepat karena punya kekebalan terhadap antibodi yang didorong oleh vaksinasi belum bisa dipastikan.

Namun, WHO mencatat bahwa varian ini jauh lebih menular dari varian yang sempat menyebar dan menyebabkan lonjakan kasus sebelumnya, yaitu varian delta.

Baca Juga: Masuk ke Indonesia, Inilah Gejala dan Cara Mencegah Penularan COVID-19 Varian Omicron