Find Us On Social Media :

Nilai-Nilai Pancasila Dalam Cerita Teks 'Dheda dan Lima Butir Kentang', Kelas 6 SD

Materi tematik kelas 6 SD tema 7, nilai-nilai Pancasila di dalam sebuah cerita teks berjudul 'Dheda dan Lima Butir Kentang'.

GridKids.id - Pada pembahasan kali ini GridKids membahas materi tematik kelas 6 SD tema 7 yaitu tentang nilai-nilai Pancasila di dalam sebuah cerita.

Setiap sila dalam Pancasila memiliki nilai-nilai yang penting dan kita harus terapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Nah, agar kamu dapat lebih memahaminya lagi kita akan membaca teks bacaan berjudul 'Dheda dan Lima Butir Kentang' seperti berikut ini. Setelah membaca teksnya, kamu dapat langsung mengerjakan soalnya, ya! Contoh Teks Bacaan 'Dheda dan Lima Butir Kentang' Dahulu, ada seorang pencari kayu bakar bernama Dheda. Dia hidup bersama istri dan ketiga anaknya. Mereka keluarga miskin yang tinggal di gubuk sederhana. Sudah seminggu ini, turun hujan. Dheda pun enggak dapat pergi ke hutan mencari kayu bakar.

“Aku tahu. Bersabarlah, semoga besok enggak hujan dan aku dapat pergi bekerja. Sisa kentang yang ada biarlah untuk makan anak-anak saja,” kata Dheda.Menjelang sore, ada seseorang yang mengetuk pintu rumah Dheda. Setelah dibuka, ternyata ada seorang pengemis tua. Dia basah kuyup kehujanan.“Aku sudah berhari-hari kehujanan. Aku juga kedinginan dan kelaparan. Bolehkah aku minta sedikit makanan?” tanyanya.

Baca Juga: Contoh Penerapan Sila Kedua Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari, Kelas 6 SD