Find Us On Social Media :

Hasil Kebudayaan Peninggalan Masa Hindu-Buddha di Nusantara, IPS Kelas VII SMP

Pengaruh Kebudayaan Hindu-Buddha dibuktikan dengan adanya peninggalan-peninggalan sejarah.

GridKids.id - Kids, sebelumnya kamu sudah mempelajari tentang pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha terhadap kehidupan masyarakat nusantara.

Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha begitu melekat pada masyarakat bahkan hingga hari ini. Banyak sekali peninggalan kebudayaan Hindu-Buddha yang masih bisa kita lihat dan pelajari sejarahnya.

Salah satu faktor yang membuat kebudayaan dan peninggalan Hindu-Buddha begitu melekat pada masyarakat Indonesia adalah karena selalu ada bentuk toleransi kebudayaan yang berwujud akulturasi dalam berbagai aspek dalam masyarakat.

Seperti misalnya konsep candi sebagai bangunan tempat berdoa kepada dewa di agama Hindu yang juga ditemukan dalam budaya masyarakat nusantara ketika itu.

Baca Juga: 5 Candi Terbesar di Indonesia, Salah Satunya Masuk Daftar UNESCO sebagai Salah Satu Keajaiban Dunia

Bangunan atau arsitektur Hindu-Buddha juga lekat dengan peninggalan kebudayaan asli masyarakat nusantara yang sebelumnya meyakini nenek moyang dan juga benda-benda bertuah.

Kali ini kamu akan diajak untuk mengetahui peninggalan-peninggalan masa Hindu-Buddha di Indonesia. Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini.