Find Us On Social Media :

Perilaku Konsumen dan Produsen dalam Jalannya Kegiatan Ekonomi

Konsumen sedang memilih sayuran di kedai sayur di pasar.

GridKids.id - Kids, kali ini kita akan membahas tentang perilaku konsumen dan produsen yang materinya bisa ditemukan dalam materi mata pelajaran ekonomi SMA kelas 10.

Kegiatan perekonomian enggak bisa dilepaskan dari peran konsumen dan produsen, karena keduanya merupakan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan.

Kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh konsumen merupakan bentuk penggunaan sumber daya berupa uang untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannya.

Sedangkan, produsen merupakan pihak yang memungkinan konsumen bisa mencukupi kebutuhannya dengan menjadi pihak yang menyuplai kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Menulis Informasi Penting dalam Diagram 'Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain', Kelas 5 SD Tema 8

Tanpa adanya kedua peran ini sebuah kegiatan ekonomi enggak akan mungkin terwujud.

Interaksi keduanya memungkinkan satu sama lain untuk tetap menjalankan perannya dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya.

Selanjutnya kamu diminta untuk menjawab pertanyaan untuk memperdalam pemahamnmu tentang perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.

Yuk, simak referensi jawabannya berikut ini!

1. Dalam teori perilaku konsumen, terdapat dua jenis pendekatan utama yang dilakukan. Apa dua pendekatan utama tersebut?

Jawaban: Dua pendekatan utama yang digunakan untuk meneliti tentang perilaku konsumen adalah pendekatan kardinal dan ordinal.

Pendekatan kardinal adalah sebuah gabungan dari beberapa pendapat ahli ekonomi beraliran subjektif yang dianalisis menggunakan konsep utilitas marjinal.

Sedangkan pendekatan ordinal adalah suatu anggapan bahwa utilitas sebuah barang enggak perlu diukur tapi cukup diketahui saja.

Karena yang perlu membuat tingkat utilitas sebuah barang adalah si konsumen sendiri.

Baca Juga: Peta Pikiran dalam Teks 'Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok', Kelas 5 SD Tema 8

2. Apa ciri-ciri dari kegiatan konsumsi?

Jawaban:

3. Apa yang dimaksud dengan nilai pakai dan nilai tukar dalam perilaku konsumsi?

Jawaban: Nilai pakai adalah kemampuan suatu barang atau jasa yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan seseorang. Sedangkan, nilai tukar adalah kemampuan suatu barang untuk bisa ditukar dengan barang lain.

4. Apa yang dimaksud dengan produksi dan tujuan diadakannya kegiatan produksi?

Jawab: Produksi adalah sebuah kegiatan menghasilkan barang atau jasa atau sebuah kegiatan menambah nilai guna suatu barang.

Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, memperoleh keuntungan sebesar-besarnya, meningkatkan pendapatan masyarakat dan negara, memicu pertumbuhan produksi lainnya sehingga bisa menjadi cara mengatasi angka pengangguran.

5. Apa yang dimaksud dengan kurva indeferen dan apa saja ciri-cirinya?

Jawab: Kurfa indeferen adalah grafik yang menunjukkan kombinasi dua barang yang bisa memberikan kepuasan atau utilitas yang sama pada konsumen.

Kurva ini memiliki beberapa ciri-ciri, antara lain:

6. Dalam suatu fungsi produksi jangka pendek, terdapat tiga konsep penting dalam produksi. Apa saja ketiga konsep tersebut?

Jawaban: 

7. Apa saja yang masuk dalam faktor produksi?

Jawaban: Faktor produksi adalah semua input yang dibutuhkan untuk terciptanya suatu barang atau jasa. Input yang digunakan adalah semua sumber daya yang diperlukan.

Menurut Adam Smith ada empat faktor yang mempengaruhi kegiatan produksi antara lain tanah, tenaga kerja (SDM), modal, dan kewirausahaan.

Baca Juga: Perbedaan Produk, Produksi dan Produktivitas Serta Fungsinya

Itulah jawaban untuk pertanyaan tentang materi perilaku konsumen dan produsen dari buku ekonomi kelas X.

Semoga jawaban di atas bisa membantu pemahamanmu lebih baik untuk materi ini, ya, Kids.

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.