Find Us On Social Media :

Jawaban Pertanyaan dari Teks 'Kompetisi Pembuatan Slime', Kelas 5 SD Tema 9

Ilustrasi Rani dan Dhia yang sedang membaca majalah di taman sekolah.

GridKids.id - Kids, kali ini kamu diajak untuk melakukan kegiatan literasi dengan mencermati sebuah teks bacaan.

Dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 9 halaman 193-196, terdapat sebuah teks bacaan berjudul 'Kompetisi Pembuatan Slime'.

Teks tersebut bercerita tentang Rani dan Dhia yang menggunakan waktu beristirahat sekolahnya untuk membaca majalah di taman sekolah.

Pada majalah yang mereka baca terdapat beberapa iklan yang menarik perhatian keduanya, yaitu iklan slime dan iklan pensil.

Dari situ mereka membahas tentang Mala yang memulai usaha slime yang kini berkembang pesat, meskipun Mala masih seorang pelajar.

Baca Juga: Berkreasi dengan Plastisin - Cara Membuat Siput di Rumah, Ternyata Mudah dan Enggak Ribet

Rani dan Dhia juga sering membuat mainan yang sedang populer itu sendiri, karena bisa sekaligus mengasah kreativitas dan membuat slime sesuai dengan tekstur yang mereka sukai.

Pada bagian berikutnya kamu diminta menjawab pertanyaan pada halaman 196, berdasarkan teks bacaan yang sudah dicermati pada halaman sebelumnya.

1. Informasi apa yang terdapat pada iklan 1 dan iklan 2? Jelaskan.

Jawaban: Iklan 1 berisi informasi tentang slime bermerek Mala yang memiliki kelebihan yaitu lembut, kenyal, dan enggak berbahaya yang tersedia dalam berbagai warna.

Sedangkan, pada iklan 2 terdapat informasi tentang pensil Jojo yang tepat digunakan untuk ujian karena punya kelebihan yaitu enggak mudah patah.

2. Di mana tempat penyelenggaraan kompetisi slime?

Jawaban: Pusat perbelanjaan Binar, yang berlokasi di dekat sekolah tokoh anak-anak dalam teks cerita ini.

3. Mengapa slime disebut sebagai zat campuran?

Jawaban: Karena slime terdiri dari beberapa bahan yang dicampur menjadi satu seperti bahan-bahan slime yang dicampur dengan slime activator yang terbuat dari campuran boraks dan air. Semua bahan dicampur dan diaduk sampai lembut dan enggak lengket.

4. Apa manfaat yang diperoleh Rani membuat slime bersama teman-temannya?

Jawaban: Membuat slime bersama-sama bisa memupuk kerukunan, persaudaraan, dan persatuan antar teman.

Mereka juga bisa saling bekerja sama dan saling menghormati perbedaan keinginan ketika proses pembuatan slime.

5. Sikap apa yang bisa kamu teladani dari Rani dan temannya saat mengikuti kompetisi?

Jawab: Meski berteman baik, Rani dan teman-temannya tetap bersaing secara sehat dengan menampilkan keahlian mereka masing-masing dalam membuat slime.

Mereka enggak mempermasalahkan jika salah satu dari mereka keluar sebagai pemenang karena mereka akan tetap berteman dan rukun berteman baik di rumah atau ketika di sekolah.

Baca Juga: Rangkuman dan Jawaban Mozaik Kreasi Bersama, Materi Kelas 4 Tema 1

Nah, itulah jawaban untuk pertanyaan berdasar teks bacaan 'Kompetisi Pembuatan Slime' pada buku tematik kelas 5 SD Tema 9 halaman 193-196.

Kegiatan membuat slime yang dilakukan oleh Rani dan teman-temannya termasuk dalam kegiatan positif yang mengembangkan kreativitas dan sportifitas antara teman.

Perlombaan membuat slime mendorong adanya persaingan sehat di antara pertemanan ini, sekaligus mendorong potensi masing-masing anak untuk bisa mengembangkan kemampuannya dalam membuat slime.

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.