Find Us On Social Media :

Tak Hanya Harum, Ketahui 3 Manfaat Kesehatan Sedap Malam, Salah Satunya Mencegah Insomnia

Bunga sedap malam adalah flora identitas provinsi Jawa Timur yang mekar hampir sepanjang tahun, antara bulan februari hingga oktober.

GridKids.id - Kids, apakah kamu tahu flora eksotis resmi kota Pasuruan yang terkenal sering mekar di malam hari? Yap, bunga sedap malam!

Bunga ini memiliki nama ilmiah Polianthes tuberosa, merupakan tumbuhan hijau abadi yang minyaknya essentialnya digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum.

Nama tuberosa menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki tuber atau umbi.

Di India bagian timur, bunga ini dikenal sebagai ratkirani atau ratu malam, sedangkan di Singapura bunga ini dinamakan xinxiao yang diartikan sebagai tempat ngengat hinggap.

Di Persia, bunga ini disebut sebagai maryam, yang menjadi nama umum bagi anak perempuan.

Sedap malam berasal dari Meksiko digunakan oleh suku Aztec sebagai persembahan untuk dewi Xochiquetzal yaitu dewi kecantikan bangsa Aztec.

Baca Juga: Punya Kesan Menyeramkan, Ini Cerita Tentang Bunga Kamboja dan Keberadaannya di Tanah Pemakaman

Seperti yang sudah disebutkan di awal, sedap malam adalah flora identitas Jawa Timur yang bisa tumbuh sepanjang tahun sejak Februari hingga Oktober.

Selanjutnya akan dijelaskan lebih lanjut tentang ciri-ciri, jenis, dan manfaat dari bunga yang sering dijadikan dekorasi atau hiasan sebuah acara penting ini. Yuk, simak uraiannya di bawah ini.