Find Us On Social Media :

Alasan Sertifikat Vaksin COVID-19 Belum Muncul meski Sudah Divaksin

Sertifikat vaksin COVID-19 belum muncul meski sudah divaksin timbul karena adanya kesalahan data verifikasi.

GridKids.id - Kids, apakah kamu sudah melakukan vaksinasi COVID-19?

Saat ini, memiliki sertifikat vaksin COVID-19 akan sangat dibutuhkan.

Selain dapat membentuk imunitas tubuh yang kebal terhadap virus corona, pemerintah juga memutuskan untuk mensyaratkan sertifikat vaksin untuk beraktivitas.

Seringkali, terdapat beberapa masalah di mana sertifikat vaksin COVID-19 belum muncul meski seseorang sudah divaksin.

Baca Juga: Berbeda dengan Orang Dewasa, Ini Gejala Utama Long COVID-19 pada Anak

Sejumlah masyarakat komplain belum menerima sertifikat vaksin COVID-19 padahal sudah melakukan vaksinasi.

Lalu, mengapa hal ini bisa terjadi?

Ini alasan dan hal yang perlu diperhatikan mengenai sertifikat vaksin COVID-19 belum muncul meski sudah divaksin. Berikut ulasannya!

Baca Juga: Tanda Tubuh Terkena COVID-19 di Fase Awal yang Wajib Kita Ketahui

Alasan Sertifikat Vaksin COVID-19 Belum Muncul

Umumnya, orang yang sudah melakukan vaksinasi akan mendapat SMS dari 1199 dengan isi tautan untuk mengunduh sertifikat ataupun jadwal vaksinasi berikutnya.

Disamping itu, sertifikat vaksin COVID-19 dapat dilihat melalui laman Pedulilindungi.id atau aplikasi PeduliLindungi.

Lalu, apa penyebab sertifikat vaksin COVID-19 belum muncul meski seseorang sudah divaksin? 

Baca Juga: Masih Bingung Cara Download Sertifikat Vaksin COVID-19? Simak Langkah-langkahnya

Dilansir dari laman Kompas.com, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bapak Dedy Permadi memberikan sebuah pernyataan.

Biasanya, seseorang yang mengalami sertifikat vaksin COVID-19 belum muncul meski sudah divaksin terjadi karena data yang enggak sesuai saat melakukan vaksinasi.

"Nomor HP yang didaftarkan pada saat vaksinasi salah atau enggak sesuai dengan yang digunakan untuk mengakses sertifikat vaksinasi," ujar Pak Dedy.

Alasan Sertifikat Vaksin COVID-19 Belum Muncul

Faktor lain yang memungkinkan terjadi disebabkan karena data peserta vaksinasi masih dalam proses input ke dalam sistem satu data. 

Nah, bagaimana untuk mengatasi masalah ini? 

Pak Dedy menjelaskan, jika peserta vaksinasi mengalami sebuah kendala, hal ini dapat langsung didadukan dengan mengirim email ke alamat sertifikat@pedulilindungi.id.

Baca Juga: Vaksin Sinovac: Suntikan Dosis Ketiga Tingkatkan Antibodi Menyeluruh

Dilansir dari akun Instagram resmi Kemenkes, masyarakat dapat melaporkan kendala yang dialami mengenai sertifikat vaksin COVID-19 melalui email sertifikat@pedulilindungi.id.

Format email yang dikirim berisi data nama lengkap, NIK KTP, tempat tanggal lahir, dan nomor ponsel pribadi yang aktif.

Para pemohon juga akan diminta untuk melampirkan foto dan kartu vaksinasi. Hal ini dilakukan agar permintaan dapat langsung diproses.

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.