Find Us On Social Media :

Meski Menyenangkan, Hati-Hati dengan Bahaya Terlalu Sering Gunakan Headset! Bukan Cuma Masalah Pendengaran

Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Headset

GridKids.id - Mendengarkan musik dan menonton film di laptop memang paling menyenangkan kalau menggunakan headset atau headphone.

Headset, headphone, atau earphone adalah pengeras suara kecil yang dipasang di telinga, Kids.

Meski terasa menyenangkan saat mendengarkan musik, tapi terlalu sering menggunakan alat ini bisa punya efek samping pada pendengaran kita, lo.

Selain menyenangkan, menggunakan headset juga nyaman. Suara lain enggak bisa masuk pada pendengaran dan kita bisa fokus dengan satu suara yang ingin didengar saja.

Namun kalau volume suara pada headset terlalu keras, hal ini justru bisa merusak sel-sel saraf pendengaran.

Saat sel saraf ini rusak, telinga akan kesulitan atau bahkan enggak bisa menghantarkan rangsang suara menuju otak. Kondisi ini membuat kita sulit untuk mendengarkan suara.

Bahkan menurut yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association, terlalu sering memakai headset bisa menyebabkan kita kehilangan pendengaran, lo.

Batas tingkat kebisingan yang direkomendasikan untuk telinga adalah 85 desibel, dengan waktu paparan maksimal 8 jam setiap harinya.

Suara keras bisa bersumber dari banyak hal, dan salah satunya adalah melalui penggunaan headset.

Terlalu sering menggunakan headset, terlebih dengan volume suara keras, bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan, di antaranya:

Baca Juga: Hati-Hati! Sering Mendengarkan Musik Pakai Headphone? Bisa Berbahaya untuk Kesehatan Kuping