Find Us On Social Media :

Jangan Lengah! Waspadai 10 Gejala COVID-19 yang Paling Sering Dirasakan, Salah Satunya Kelelahan

Gejala Baru COVID-19

GridKids.idCOVID-19 adalah penyakit baru. Oleh sebab itu, sampai sekarang para ahli masih terus menemukan gejala baru yang berhubungan dengan virus corona.

Menurut mereka, virus corona bisa menimbulkan gejala dari ujung kepala sampai ujung kaki dan bisa berakibat fatal.

Bahkan, mereka juga menemukan kalau gejala tertentu bisa berlangsung selama berminggu-minggu sampai berbulan-bulan, meski sudah dinyatakan negatif COVID-19. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), ada berbagai gejala yang dilaporkan oleh mereka yang sudah terinfeksi virus.

Umumnya masa inkubasi rata-rata sekitar 5-6 hari, tapi beberapa orang mengalami tanda-tanda infeksi dua hari sesudah terpapar.

Melansir Kompas.com, inilah 10 gejala baru yang paling sering dilaporkan:

1. Hilangnya Indera Perasa dan Penciuman

Salah satu gejala yang muncul pada banyak orang adalah kehilangan kemampuan untuk mengecap dan mencium.

Salah satu gejala awal COVID-19 adalah hilangnya kemampuan indera perasa atau disebut ageusia, gejala ini bisa muncul cuma dalam dua hari sesudah terpapar.

Seiring dengan hilangnya indera rasa, pasien juga kemungkinan mengalami kehilangan indera penciuman yang juga disebut anosmia, di awal infeksi.

"Saat virus corona menginfeksi tubuh, virus itu akan menyerang organ penciuman, yang bertanggung jawab atas indera penciuman, dan merusak pembuluh darah yang memberi makan organ ini," jelas William W. Li, MD, dokter, ilmuwan, dan penulis terkenal internasional Buku terlaris New York Times, Eat to Beat Disease: The New Science of How Your Body Can Heal Itself.

Kalau mengalami ini bersamaan dengan gejala lainnya, sebaiknya segera beri tahu dokter.

Pada beberapa orang, gejala ini bahkan bertahan sampai berbulan-bulan.

Baca Juga: Banyak Diderita Pasien COVID-19, Sebenarnya Apa Itu Anosmia?