Find Us On Social Media :

Sering Disepelekan, Ternyata Usus Buntu Punya Fungsi Penting untuk Tubuh

Usus Buntu

GridKids.id - Tubuh kita terdiri dari berbagai macam organ yang punya fungsi masing-masing, Kids.

Meski usus buntu sering disepelekan, tapi ternyata usus buntu juga punya fungsi yang berguna. 

Yup! Usus buntu bukan cuma sekadar penyakit, namun ini adalah organ apendiks tabung berbentuk cacing yang menempel di usus besar.

Karena ukurannya yang kecil dan bahkan dibuang karena terjadi infeksi, banyak yang mengira kalau usus buntu enggak penting. 

Namun, peneliti modern percaya kalau usus buntu punya banyak fungsi utama dalam tubuh manusia dan melindungi lingkungan internal tubuh dari infeksi.

Pada awalnya usus buntu diperkirakan enggak punya fungsi apapun, tapi teori evolusi menunjukkan kalau usus buntu berfungsi dalam pencernaan makanan.

Charles Darwin, dalam bukunya, On the Origin of Species dan The Descent of Man, membuat referensi yang jelas tentang organ sisa dalam tubuh manusia yang tersisa saat spesies manusia berevolusi.

Menurut Darwin, sisa-sisa evolusi ini mewakili fungsi yang sangat penting untuk kelangsungan hidup di masa lalu, tapi jadi enggak ada seiring waktu.

Beberapa ahli biologi mendukung teori, kalau usus buntu adalah organ sisa yang pernah digunakan oleh nenek moyang herbivora kita. Karena, sebagian manusia purba adalah herbivora.

Ditemukan kalau pada vertebrata herbivora, usus buntu relatif lebih besar dan membantu pencernaan makanan herbivora yang keras seperti kulit pohon.

Namun, seiring evolusi manusia, mereka mulai memasukkan makanan yang lebih mudah dicerna ke dalam makanan mereka dan usus buntu akhirnya kehilangan fungsinya.

Baca Juga: Terlihat Sepele, 6 Gejala Ini Bisa Jadi Tanda Usus Buntu, Cek Sebelum Terlambat