Find Us On Social Media :

Seakan Lega Akhirnya Bisa Kembali ke Habitat Asal, Beluga Ini Terlihat Tersenyum Lebar saat Dipindahkan

Beluga yang Tersenyum saat Dipindahkan ke Rumah Baru

GridKids.id - Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan foto seekor paus beluga yang tersenyum lebar.

Rupanya, paus beluga putih ini akan segera dipindahkan kembali ke habitat alaminya, Kids.

Yup! Dua paus beluga, Little Grey dan Little White akhirnya bertemu kembali dengan laut setelah hampir satu dekade di akuarium Tiongkok.

Melansir New York Post pada Selasa (11/8/2020), kedua paus ini sudah dijauhkan dari lingkungan alaminya sejak 2011.

Juni lalu, pasangan paus Beluga ini dipindahkan dari penangkaran di Tiongkok ke pusat perlindungan laut di Teluk Klettsvik, Islandia, lebih dari 6.000 mil jauhnya.

Sesampai di sana, penjaga menyimpan ikan paus Beluga di kolam karantina, sebelum kelompok amal Sea Life Trust memulai proses multistep untuk membawa paus kembali ke perairan terbuka.

“Prosesnya adalah memasukkan beluga ke dalam tandu, keluar dari kolam perawatan mereka, ke bagian belakang truk, 2 menit ke kapal penarik, dan kapal penarik lokal di sini, ke bagian belakang kapal penarik, dan kemudian perjalanan lima menit di sini," Andy Bool, kepala Sea Life Trust, mengatakan kepada CNN.

Bool merasa meski merupakan perjalanan yang sulit, misinya terasa mulia, dan Bool berkata, kalau ini adalah perjalanan perahu terbaik yang pernah ia alami dalam hidup.

Untuk saat ini, Little Grey dan Little White hidup di ruang aklimatisasi, memberi mereka waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan alami mereka.

Setelah siap, mereka akan dipindahkan dari lingkungan mereka yang terbatas ke tempat perlindungan seluas 32.000 mil persegi (51.499 kilometer persegi) di lepas pantai selatan Islandia, cagar perairan terbuka pertama di dunia untuk ikan paus Beluga.

“Kami bisa memberi mereka makan, melakukan pemeriksaan medis, memastikan bahwa mereka menyesuaikan diri dengan baik, membuat mereka nyaman berenang melalui gerbang bawah air di sini, sebelum kami membuka gerbang bawah air itu ke ruang yang lebih besar," jelas Audrey Padgett, manajer umum Sea Life Trust.

Baca Juga: Akibat Lockdown di Italia, Hewan-Hewan Ini Berdatangan ke Kanal, dari Ikan Kecil sampai Lumba-Lumba