Find Us On Social Media :

Arti Praja Muda Karana dan Makna Lambang Pramuka Tunas Kelapa

Arti, Makna dan Sejarah Praja Muda Karana (Pramuka)

GridKids.id - Kids, tahukah kamu kalau tanggal 14 Agustus adalah hari Pramuka?

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana.

Hmm... kira-kira, apa arti dari Praja Muda Karana ini, ya? Lalu, bagaimana sejarah, manfaat, tujuan, serta arti dari tunas kelapa sebagai lambang pramuka?

Pramuka adalah gerakan kepanduan Indonesia yang jadi salah satu kegiatan di lembaga pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Kegiatan-kegiatannya melatih kreativitas dan kedisiplinan.

Gerakan kepanduan ini sudah ada jauh sebelum kemerdekaan Indonesia, lo.

Sejarah Pramuka

Bapak Pramuka Dunia, Robert Baden Powell, menyebarkannya ke seluruh dunia dan masuk ke Indonesia sekitar 1992.

Gerakan kepanduan saat itu dibawa oleh bangsa Belanda dan cuma berlaku untuk orang Belanda.

Meski begitu, para pemimpin gerakan politik di Indonesia melihat banyak manfaat positif dari organisasi kepanduan ini, salah satunya sebagai tempat pengkaderan.

Kemudian muncul beberapa organisasi kepanduan. Sampai akhirnya tercatat sekitar 71 organisasi kepanduan dengan berbagai latar belakang.

Nah, Presiden Soekarno lalu membuat konsep untuk menyatukan organisasi-organisasi itu pada 9 Maret 1961.

Melalui panitia penyelenggara yang terdiri dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Mendikbud Dr Prijono, Menteri Dr Azis Saleh, dan Menteri Achmadi, lahirlah Gerakan Pramuka (Praja Muda Karana) yang disahkan dengan Keputusan Presiden No 238 tanggal 20 Mei 1961.

Pelantikan Ketua Majelis Pimpinan Nasional Gerakan Pramuka jatuh pada 14 Agustus 1961 dan sampai sekarang dianggap sebagai hari jadi gerakan pramuka.

Baca Juga: Arti Merdeka di Masa Lalu dan Masa Sekarang, Hari Pramuka: Perjuangan, Materi Belajar dari Rumah untuk SMP Jumat 14 Agustus 2020