Find Us On Social Media :

Virus Corona Belum Usai, Kini Muncul Flu Babi Jenis Baru yang Berpotensi Jadi Pandemi Selanjutnya

(Ilustrasi) Flu Babi

GridKids.id - Virus corona Covid-19 masih terus menyebar di berbagai negara.

Sampai sekarang, sudah ada 213 negara dan wilayah yang terinfeksi virus ini.

Meski ada beberapa negara yang sudah didnilai berhasil mengendalikan Covid-19, namun beberapa negara lainnya justru masih harus berjuang keras memerangi pandemi.

Namun, kini para peneliti di Tiongkok menemukan flu babi jenis baru yang bisa meluas jadi pandemi.

Melansir dari Kompas.com, temuan itu diungkap oleh sebuah penelitian yang diterbitkan PNAS jurnal sains di Amerika Serikat (AS) pada Senin (29/6/2020).

Dilansir dari AFP, virus yang dinamai G4 ini secara genetik adalah turunan dari strain H1N1 yang menyebabkan pandemi pada 2009.

Virus ini punya "semua syarat penting untuk bermutasi dan menginfeksi manusia," kata para penulis yang terdiri dari ilmuwan di sejumlah universitas Tiongkok serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China.

Dari 2011-2018, para peneliti dari China Agricultural University (CAU) mengambil 30.000 tes swab hidung dari babi-babi di rumah jagal 10 provinsi Tiongkok, termasuk di rumah sakit hewan.

Tes massal itu berhasil mengumpulkan 179 jenis flu babi. Mayoritas adalah jenis baru yang sudah dominan berada di babi-babi sejak 2016.

Para peneliti kemudian melakukan berbagai percobaan termasuk pada ferret, sejenis musang yang banyak digunakan dalam studi flu.

Ferret dipakai karena punya gejala flu yang mirip manusisa, seperti demam, batuk, dan bersin.

Baca Juga: Demam Babi Afrika Mewabah, Benarkah Virus Penyebabnya Enggak Bisa Menular ke Manusia?