Find Us On Social Media :

Orang Tanpa Gejala (OTG) Bisa Sembuh Sendiri dari Covid-19 Asal Lakukan Hal Ini

Bisakah Orang Tanpa Gejala Sembuh Sendiri dari Covid-19?

GridKids.id - Covid-19 adalah virus corona jenis baru.

Oleh karena itu, virus ini masih terus mengalami perkembangan, Kids.

Gejala yang ditunjukkan oleh pasien positif Covid-19 pun juga terus bertambah. 

Meski begitu, enggak semua yang positif terinfeksi virus corona menunjukkan gejala. Ada juga yang enggak menunjukkan gejala, tapi saat dites dinyatakan positif Covid-19.

Sebenarnya, orang tanpa gejala ini lebih bahaya, karena mereka merasa baik-baik saja, sehingga enggak melakukan proteksi.

Ada beberapa kasus orang tanpa gejala dan diminta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah, lalu sekarang sudah dinyatakan sembuh.

Bagaimana Penyembuhan OTG?

Koordinator Tim Respons Covid-19 Uuniversitas Gadjah Mada Yogyakarta, dr. Riris Andono Ahmad, MPH, Ph.D mengatakan, gejala Covid-19 mirip dengan flu atau beberapa infeksi virus lainnya.

Penyakit ini, menurutnya, self limiting disease. Artinya, akan sembuh dengan adanya kekebalan pada tubuh.

“Akan sembuh dengan munculnya kekebalan dalam tubuh kita,” kata dr. Riris, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/4/2020).

“Jadi bagi yang gejala ringan atau tanpa gejala perlu menjaga stamina tubuhnya dengan asupan gizi yang baik, istirahat yang cukup, dan pemberian multivitamin,” lanjutnya.

Walau begitu, orang tanpa gejala tetap perlu melakukan isolasi mandiri dan menjaga jarak sosial dengan orang lain.

Testimoni sejumlah pasien sembuh Covid-19 juga menekankan pada pentingnya imunitas tubuh untuk melawan virus corona.

Selain itu, kondisi psikologis yang baik juga penting. Artinya, menghindari stress dan menjaga suasana hati tetap gembira, serta berpikir positif.

Baca Juga: Pantas Kasus Semakin Melonjak, Ternyata Orang Tanpa Gejala Jadi Penyebar Terbesar, Berapa Lama Bisa Menularkan ke Orang Lain?