Find Us On Social Media :

Materi dan Soal Gemar Matematika Meloncat dan Mengurut Bilangan, Selasa 28 April 2020

Materi Belajar dari Rumah TVRI, Gemar Matematika Meloncat dan Mengurut Bilangan, Selasa 28 April 2020

GridKids.id - Belajar dari Rumah di TVRI hari Selasa (28 April 2020) pada pukul 08.30 - 09.00 akan menayangkan Gemar Matematika bersama Pak Ridwan.

Kali ini, materi untuk kelas 1 sampai 3 SD tentang meloncat dan mengurut bilangan

Nah, GridKids akan memberikan rangkuman materi serta soal dan jawaban tentang Gemar Matematika: Meloncat dan Mengurut Bilangan untuk kelas 1, 2, dan 3 SD.

Materi Gemar Matematika Meloncat dan Mengurut Bilangan

Materi pertama adalah mengurutkan bilangan.

Tujuan pembelajarannya, agar siswa bisa mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar, atau sebaliknya.

Tujuan kedua adalah untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan urutan bilangan.

Materi kedua adalah nilai tempat.

Tujuan pembelajarannya, agar siswa bisa memahami nilai tempat sebagai penyusun lambang bilangan.

Tujuan kedua adalah memahami hubungan nilai tempat dengan bilangan.

Materi terakhir adalah pola bilangan loncat.

Tujuan pembelajarannya, agar siswa bisa mengenal pola bilangan loncat dan memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pola bilangan loncat.

Nah, sekarang kita mengerjakan soal Gemar Matematika: Meloncat dan Mengurut Bilangan

Baca Juga: Soal dan Jawaban Sahabat Pelangi Mari Menabung Kelas 1-3 SD, Jumat 24 April 2020

Soal dan Jawaban Gemar Matematika: Meloncat dan Mengurut Bilangan

Soal

1. Nisa bermain loncat angka. Dia mulai berdiri di angka 1. Berikutnya, Nisa meloncat sebanyak satu kali dan ia berada di angka 4. Jika Nisa berada pada angka 1 dan ia melompat sebanyak tiga kali, di angka berapakah Nisa berada?

2. Arya memiliki bilangan 315, sedangkan Jamal memiliki bilangan 513. Apabila angka 3 pada kedua bilangan milik Arya dan Jaman dijumlah, hasil yang akan diperoleh adalah.....

3. Andi akan membuat bilangan ratusan dari angka 0, 2, dan 5.

    a. Berapa banyak bilangan ratusan yang dapat dibuat Andi?    b. Urutkan bilangan tersebut dari yang terkecil!

Jawaban

1. Satu kali lompat = Nisa berada pada angka 4    Dua kali lompat = Nisa berada pada angka 7    Tiga kali lompat = Nisa berada pada angka 10

Jadi, jika melompat 3 kali, Nisa berada di angka 10.

2. Angka 3 pada bilangan 315 milik Arya adalah ratusan = 300    Angka 3 pada bilangan 513 milik Jamal adalah satuan = 3

Jadi bila dijumlahkan, hasilnya adalah 300 + 3 = 303.

3. a. Bilangan ratusan yang dapat dibuat dari angka 0, 2 dan 5 adalah 250, 205, 520, 502    b. Urutan bilangan dari yang terkecil adalah 205, 250, 502, 520

Nah, itulah rangkuman materi serta soal dan jawaban soal Meloncat dan Mengurut Bilangan untuk siswa kelas 1, 2, dan 3.

Baca Juga: Soal dan Jawaban Matematika Perkalian dan Pembagian Kelas 1-3 SD, Kamis 23 April 2020

-----

Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dunia satwa dan komik yang kocak, langsung saja berlangganan majalah Bobo, Mombi SD, NG Kids dan Album Donal Bebek. Tinggal klik di www.gridstore.id