Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengikuti upacara perayaan kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di Istana dengan mengenakan baju Sakera.
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengikuti upacara perayaan kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di Istana dengan mengenakan baju Sakera. ( Humas Kemenko Polhukam)

Apa Makna Khusus Baju Adat Sakera Yang Dipakai Mahfud MD Saat Upacara Virtual ?

18 Agustus 2020 08:12 WIB

SonoraBangka.id - Menggunakan pakaian adat Sakera dari Madura, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, mengikuti upacara pengibaran bendera memperingati hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8/2020).

Mahfud merupakan menteri yang berasal dari daerah Sampang, Madura.

Mahfud mengungkapkan rasa bangganya menggunakan baju Sakera dalam akun Instagramnya.

Seperti yang dikutip Kompas.com, Senin (17/8/2020) kemarin, dalam unggahan Instagramnya Mahfud menulis bahwa Indonesia bersatu dalam keberagaman.

Ia mengungkapkan rasa bangganya memakai baju tradisional Madura saat mengikuti upacara virtual perayaan Kemerdekaan melalui video Conference dari Kantor.

Baju adat yang dikenakan Mahfud mungkin biasa kita lihat digunakan oleh para penjual sate Madura dalam iklan maupun film.

Ada makna khusus dari baju Sakera yang di gunakan Mahfud.

“Baju hitam longgar atau Pesa’an dan celana hitam longgar atau Gomboran,” tulisnya lagi.

Sikap gagah dan pantang menyerah adalah lambang dari baju Sakera yang ia gunakan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm