Bongko Pisang, salah satu hidangan Kue yang dibungkus dengan daun pisang
Bongko Pisang, salah satu hidangan Kue yang dibungkus dengan daun pisang ( sajiansedap.grid.id )

Daun Pisang Salah Satu Bahan Alternatif Yang Dapat Menggantikan Plastik Untuk Membungkus makanan

1 Juli 2020 20:12 WIB

SonoraBangka.id  - Mulai Rabu (1/7/2020), penggunaan plastik khususnya pada pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat dilarang di Jakarta. Meskipun belum merambah pada industri makanan dan minuman tak ada salahnya untuk mulai mengurangi penggunaan bungkus plastik untuk makanan. Salah satu bahan alternatif yang dapat menggantikan plastik untuk membungkus atau jadi alas makanan adalah daun pisang.

Penjual makanan di daerah Sumatera Utara misalnya,  di sana identik dengan daun pisang. Umumnya mereka menjadikan daun pisang sebagai alas makanan di piring atau bungkus kertas. "Iya, ini di Medan memang semua pakai daun pisang, Kak, ciri khas kami. Kalau pakai daun pisang ini makanan jadi lebih wangi," kata Ilham, pemilik Mie Balap Mail, ditemui Kompas.com di Pucuk Coolinary Festival, Minggu (1/9/2019). Selain dari segi aroma, Ilham juga mengatakan daun pisang terbilang higienis dan ekonomis dibanding menggunakan bahan lain seperti plastik.

Ilham mengatakan ia belanja daun pisang setiap pagi di pasar sebelum membuka kedainya. Daun pisang dibersihkan dan digunting sesuai ukuran piring. Tak hanya Ilham ada juga, penerus Rumah Makan Islam Marikena yaitu Maysuri. Beda dengan Ilham, Maysuri melayani pengunjung yang makan di tempat dengan piring keramik tanpa alas daun pisang.

Selain menimbulkan aroma yang membuat makanan tambah nikmat, Maysuri menyebut daun pisang punya fungsi lain. "Kalau kita pakai plastik, itu makanannya jadi lebih cepat basi, daun pisang makanannya lebih tahan lama begitu," kata Maysuri

Apalagi makanan khas Karo yang dijual Maysuri memiliki kuah kental dan bersantan, sehingga ketika dibungkus dalam kondisi hangat dan didiamkan cenderung mudah basi. Daun pisang juga mencegah kuah kental atau minyak makanan merembes sampai ke kertas bungkus dan bocor. Dari pantauan Kompas.com, penjual yang mengalasi makanan dengan daun pisang juga jadi lebih praktis karena piring tidak terlalu kotor. Proses mencuci piring jadi lebih cepat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Cuma Wangi, Ini Keuntungan Bungkus Makanan dengan Daun Pisang", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/01/153843875/tak-cuma-wangi-ini-keuntungan-bungkus-makanan-dengan-daun-pisang?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm