GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 5 SD tema 1 kali ini, kamu akan belajar tentang Manusia dan Lingkungan.
Di dalalmnya terdapat pertanyaan bagaimana persebaran flora dan fauna di Indonesia?
Untuk mengetahui jawabannya, simak dulu isi materinya berikut ini!
Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Bentang alam yang luas ini memiliki flora dan fauna dengan beragam jenis.
Iklim, kenampakan alam, dan kekayaan flora dan fauna yang dimiliki bangsa Indonesia harus dimanfaatkan secara bertanggung jawab.
Tiap kali pemanfaatannya juga harus memikirkan mengenai dampak yang ditimbulkan disertai dengan upaya pelestariannya. Selain itu pemanfaatannya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan.
Kita enggak boleh memanfaatkan kekayaan potensi alam yang dimiliki Indonesia secara sembarangan. Ada sebagian kekayaan alam yang tak bisa diperbarui, misalnya saja berbagai macam bahan tambang seperti emas, batu bara, minyak bumi, timah, dan lain-lain.
Bahan-bahan tersebut memiliki keterbatasan jumlah yang suatu saat akan habis. Dalam pemanfaatan kayu hutan kita juga enggak boleh melakukannya sembarangan.
Baca Juga: Menentukan Ide Pokok 'Beragamnya Flora dan Fauna di Indonesia, Kelas 5 SD Tema 1
Kita enggak boleh menebang pohon dan membakar hutan secara tak bertanggung jawab. Jika penebangan hutan dilakukan terus menerus tanpa adanya usaha pelestarian maka yang terjadi adalah perubahan iklim yang memicu terjadinya global warming (meningkatnya suhu bumi), hilangnya habitat hidup berbagai flora dan fauna, punahnya jenis-jenis flora dan fauna tertentu, menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor.
Menurut coraknya, fauna Indonesia dikelompokkan menjadi 3, yaitu Fauna Bagian Barat, Fauna Bagian Tengah, dan Fauna Bagian Timur. Fauna Bagian Barat dan Tengah dipisahkan oleh Garis Wallace. Fauna Bagian Timur dan Tengah dipisahkan oleh Garis Weber.
1. Fauna Indonesia Bagian Barat (Tipe Asiatis)
Tipe asiatis mencakup bagian wilayah Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan.
Banyak ditemui mamalia yang berukuran besar seperti gajah, badak bercula satu, banteng, macan, tapir, kerbau, rusa, orang utan, monyet, babi hutan, bekantan, dan lain-lain.
Selain itu, ada juga reptil ular, kadal, tokek, buaya, biawak, bunglon, kura-kura, dan trenggiling.
Berbagai jenis burung pun banyak dijumpai seperti burung hantu, elang, merak, gagak, jalak, kutilang, dan berbagai macam unggas.
Sementara itu, ikan tawar juga ditemui seperti ikan pesut.
2. Fauna Indonesia Bagian Tengah (Tipe Peralihan)
Baca Juga: Keberagaman Hayati Indonesia: Corak Flora dan Karakteristiknya, IPS Kelas 7 SMP Tema 1
Tipe peralihan kerap disebut sebagai wilayah fauna kepulauan Wallace yang mencakup wilayah Sulawesi, Timor, Maluku, dan Nusa Tenggara serta sejumlah pulau-pulau kecil di sekitarnya.
Fauna yang menghuni wilayah ini ada babi rusa, anoa, kuda, monyet saba, babi,beruang, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, tarsius, sapi, dan banteng.
Sedangkan reptilnya adalah biawak, komodo, buaya, dan ular. Berbagai jenis burung yang banyak dijumpai di daerah ini mulai dari maleo, mandar, raja udang, burung dewata, rangkong, dan kakatua serta nuri.
3. Fauna Indonesia Bagian Timur (Tipe Australic)
Tipe australic mencakup wilayah Halmahera, Papua, dan Kepulauan Aru. Mamalia yang banyak ditemui di wilayah ini antara lain beruang, kanguru, walabi, landak irian, kuskus, kanguru pohon, pemanjat berkantung, dan kelelawar.
Namun, di wilayah ini enggak ditemukan kera. Ada banyak jenis reptil yang ditemui seperti ular, kadal, buaya, dan biawak.
Ada berbagai macam jenis burung yang bisa dinumpai di wilayah ini seperti cenderawasih, kasuari, nuri, raja, udang, dan namudur.
Itulah pembahasan materi tematik kelas 5 SD tema 1, yaitu persebaran flora dan fauna yang ada di Indonesia.
Pertanyaan: Fauna dikelompokkan menjadi 3, sebutkan! |
Petunjuk: Cek di halaman 2 |
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Penulis | : | Heni Widiastuti |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar