Follow Us

Sempat Dituding Sebagai Asal Penyebaran Virus Corona, Ahli dari China Katakan Pasar Wuhan sebagai Korban, Kok Bisa?

Hinggar - Jumat, 29 Mei 2020 | 10:30
Wuhan Street Food
cnbc

Wuhan Street Food

GridStar.ID - Selama ini kota Wuhan, China menjadi awal mula virus corona berasal.

Di pasar di kota ini disebut sebagai sumber virus yang kini menjadi pandemi di seluruh dunia.

Namun para ahli dari China menyampaikan kota Wuhan merupakan korban dari virus Corona.

Baca Juga: Koma Akibat Terinfeksi Covid-19, Drummer Kondang Ini Ngaku Diperlihatkan Kehidupan Akhirat Surga dan Neraka, Kaget Bukan Main: Rasanya Seperti...

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CCDCP) mengatakan bahwa pasar hewan di Wuhan yang pertama kali dilaporkan sebagai tempat penularan virus corona pertama kali adalah "korban".

Memang banyak kasus Covid-19 yang dilaporkan pertama kali terkait dengan pasar Huanan di Wuhan, China.

Namun penelitian lebih lanjut memunculkan keraguan. Apakah benar pasar Wuhan merupakan tempat lahirnya penularan virus corona dari hewan ke manusia.

Baca Juga: Menyayat Hati, 100 Bayi di India Lahir dari Ibu Pasien Positif Covid-19, Dirawat di Bangsal Khusus dan Diobati dengan Klorokuin

"Awalnya kami berasumsi pasar Huanan merupakan tempat penyebaran virus. Namun, bukti yang ada menunjukkan pasar itu tak lain adalah korban virus corona. Virus corona SARS-CoV-2 sudah ada jauh sebelumnya," ungkap direktur CCDCP Gao Fu pada Senin (25/05) seperti dilansir surat kabar pemerintah China, Global Times.

Dilansir Newsweek, Rabu (27/05), pada Januari, Gao mengatakan bahwa virus corona SARS-CoV-2 berasal dari solid satwa liar yang secara ilegal ada di pasar Wuhan.

Namun sekarang, dia mengatakan sampel yang dikumpulkan pada awal Januari dari hewan di pasar Wuhan tidak menunjukkan jejak virus.

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest