Cegah Abrasi di Pantai Karawang, Bio Farma Tanam 600 Bibit Pohon Mangrove Jenis Rhizophora

12 Februari 2023 13:20 WIB
Bio Farma saat penanaman Mangrove jenis Rhizophora
Bio Farma saat penanaman Mangrove jenis Rhizophora ( Dok Corcomm Bio Farma)

Bandung, Sonora.ID - Ada 600 bibit pohon Mangrove jenis Rhizophora yang ditanam Bio Farma di pesisir pantai di Desa Muarabaru, Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang Jawa Barat, Sabtu (11/2/2023).

"Penanaman Mangrove ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pelestarian lingkungan, dan ini bukan kali pertama. Sebelumnya dalam rangka peringatan Hari Lahan Basah Sedunia yang jatuh pada setiap bulan Februari, kami juga melakukan penanaman 2000 pohon keras di Gunung Masigit Kareumbi dengan tujuan memperbaiki fungsi hutan dan membantu air agar terserap ke dalam tanah," ucap Dirktur Utama Bio Farma Group Honesti Basyir seperti yang dikutip dari siaran persnya.

"Ini selalu menjadi komitmen yang kuat bagi kami dalam melestarikan lingkungan," tegasnya.

Menurutnya, komitmen ini sejalan dengan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Bio Farma.

Baca Juga: PLN UID Kalbar Kembali Tanam 10 Ribu Pohon Mangrove di Kawasan Pinggiran Pantai

Diketahui, penanaman Mangrove ini bekerja sama dengan Forum CSR Tenant Indotaisei, serta Bappeda Kabupaten Karawang, beberapa perusahaan lainnya, serta Konunitas Cipta Pesona Desa untuk penanaman Mangrove. 

Sementara itu, dalam paparannya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang Dindin Rachmadhy mengapresiasi kontribusi atau dukungan dari dunia industri dalam kepedulian menjaga garis di pesisir pantai. 

Usai penanaman, Ketua Forum CSR Tenant Indotaisei, Syaipul Alamsyah, menyampaikan bahwa pemilihan Muarabaru sebagai lokasi penanaman mangrove, karena kekhawatiran dengan sudah banyaknya contoh pesisir di wilayah lain yang sudah mengalami abrasi, diharapkan penanaman ini dapat mencegah terjadinya abrasi yang mengancam masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir pantai.

Di tempat yang sama, Kepala Divisi TJSL Bio Farma Tjut Vina mengatakan, Bio Farma melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan sebagai BUMN akan terus berupaya dan berkomitmen untuk mendukung pelestarian dan peningkatan ekonomi penduduk sekitar. 

Baca Juga: Bio Farma Kembangkan Medbiz, Pesan Obat dan Alat Kesehatan Kini Semakin Mudah

Salah satu tujuan penanaman mangrove ini adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan, tumbuhan Mangrove ini juga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami.

"Penanaman Mangrove ini sangat penting sekali untuk mencegah efek dari terjadinya bencana alam," tutup Tjut Vina.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm