Follow Us

Muncul Fitnah Busana China di Desain Uang Rp 75.000, Padahal Itu Baju Adat Suku Tidung, Netizen: Beginilah Bahayanya Orang Bodoh

Rifka Amalia - Rabu, 19 Agustus 2020 | 19:42
Gambar yang dipermasalahkan netizen.
via Warta Kota

Gambar yang dipermasalahkan netizen.

Sosok.ID - Pada Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-75, pemerintah menerbitkan uang pecahan Rp 75.000 dalam edisi terbatas.

Namun sayangnya, ada yang memunculkan narasi bahwa pakaian adat dalam gambar uang tersebut merupakan busana China.

Tudingan ini muncul salah satunya dari sosial media Twitter, yang mengatakan pemerintah telah sengaja mencetak uang Rp 75 ribu dengan melibatkan bangsa asing.

Dalam desain tersebut, terdapat sembilan orang menggunakan pakaian adat nusantara.

Baca Juga: Momen Langka! Diktator Sangar Kim Jong Un Untai Kata-kata Hangat untuk Indonesia, Ternyata Ikut Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-75

Gambar yang dipermasalahkan yakni seorang anak laki-laki di posisi tengah.

Mulanya ada netizen yang menanyakan asal pakaian adat yang digunakan oleh sang anak, kemudian muncul seorang netizen yang mengklaim itu merupakan pakaian adat China.

"Itu mah jelas Adat CHINA, selama ane belajar di sekolah sampe sekarang, baru tau ada baju adat kaya bangsa China, pantas ngotot bikin uang 75 ribuan," kata akun dengan nama pengguna SalimBoy.

Cuitan tersebut lantas dibagikan ulang oleh akun @AnakLolina2, yang terlihat tak habis fikir dengan pemikiran yang bersangkutan.

Baca Juga: Meski Tak Disengaja, Ternyata Jerman Punya Andil dalam Perumusan Proklamasi Kemerdekaan, Begini Kisahnya!

"Fitnah, hoax itu di larang agar tidak melahirkan orang bodoh sakit jiwa. Ini contohnya Down pointing backhand index. Baju adat Dayak di fitnah jadi baju adat China," tulisnya.

Cuitan itu ditanggapi oleh netizen lain. Banyak yang menyesalkan karena akun SalimBoy tak mencoba untuk mencari tahu sebelum menyebarkan berita bohong.

Source : Kompas.com, Twitter

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest