Pilih Bahan Masker, Bisa Sekali Pakai Atau Yang Bisa Dicuci

Motorplus - Senin, 23 Juni 2014 | 20:03 WIB

Penggunaan masker jadi kebutuhan wajib bikers, karena lingkungan yang makin tidak sehat. Berbagai virus dan bakteri bisa masuk ke tubuh dan menular melalui pernafasan. Meski hidung punya kemampuan menyaring debu, tapi alangkah bijaksana kalau dibantu pakai masker.

Sebab, tanpa masker, beberapa penyakit mengintai, seperti infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dan alergi. Ispa bisa menyerang berbagai komponen pernafasan, seperti radang rongga hidung, sinusitis atau yang lainnya.

Semua efek tersebut, apabila dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan pe-radangan yang menahun. "Seperti sinus yang sudah parah, akan menimbulkan polip. Tumbuhnya polip bisa mengganggu jalannya pernapasan. Tindakannya, bisa operasi kalau sudah mengganggu dan tidak bisa diatasi dengan obat," bilangnya lagi.

Nah, untuk memilih jenis masker kertas hanya bisa dipakai satu kali.  "Tapi, kalau model kain katun lebih ekonomis. Bisa dicuci setiap hari. Kalau tak mau repot nyuci, stok masker lebih banyak. Jadi, bisa tetap ganti setiap hari," tambah dr. Moerseto.

Soal pilihan, tentunya balik lagi ke sobat bikers. Selain banyak model masker, ada juga peranti penutup hidung seperti buff atau bandana. Tinggal pilih mana yang menurut sobat baik dan nyaman. Tapi, jangan lupa ganti tiap hari. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular