Follow Us

Presiden Jokowi Mengenakan Pakaian Adat Timor Tengah Selatan saat HUT RI Ke-75, ternyata Ini Maknanya

Ervananto Ekadilla - Senin, 17 Agustus 2020 | 20:00
Ini makna pakaian adat yang dikenakan oleh Presiden Jokowi saat Hut RI ke-75.
Kolase Instagram Sekretariat Kabinet

Ini makna pakaian adat yang dikenakan oleh Presiden Jokowi saat Hut RI ke-75.

Suar.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (17/8/2020).

Kali ini, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan masker berwarna merah-putih.

Sementara, Ibu Negara tampak mengenakan busana nasional.

Baca Juga: Kabar Gembira, Presiden Jokowi akan Merilis Bantuan kepada Karyawan sebesar Rp 600.000 lebih Awal! Simak Tanggalnya

"Pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Senin (17/8), Presiden @jokowi mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur," tulis akun Twitter Sekretariat Kabinet.

Adapun makna pakaian adat yang dikenakan Jokowi dijelaskan jubir Presiden, Fadjroel Rachman melalui unggahan di akun Instagram miliknya, @fadjroelrachman, Senin (17/8/2020).

Kain motif kaif berantai dari Nunkòlo, TTS, NTT motif tersebut sudah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat dengan batang tengah yang berarti sumber air.

Sementara, bagian pinggirnya yang bergerigi melambangkan wilayah yang berbukit dan berkelok-kelok.

Baca Juga: Catat Baik-baik, Ini Pidato Lengkap Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR, DPR, DPD 2020 dalam Rangka HUT RI ke-75

Adapun warna merah di pakaian adat tersebut melambangkan keberanian laki-laki Nunkolo.

Sedangkan, daster ikat kepala atau Pilu ada 3 jenis Yaitu, Raja berbentuk 2 tanduk kecil yang artinya fungsi Raja yang melindungi.

Source : Instagram, Tribunnews

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest