Follow Us

Bikin Bertanya-tanya, Begini ternyata Penjalasan Kenapa Pasien Virus Corona yang sudah Dinyatakan Sembuh bisa Terjangkit Lagi

Ervananto Ekadilla - Sabtu, 18 April 2020 | 09:30
Inilah alasan mengapa pasien virus corona yang telah sembuh dapat kembali positif covid-19.
Pixabay

Inilah alasan mengapa pasien virus corona yang telah sembuh dapat kembali positif covid-19.

Suar.ID - Para pejabat kesehatan Korea Selatan saat ini sedang menyelidiki penyebab pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 kembali dinyatakan positif virus corona.

Menurut para ahli, di antara penyebabnya adalah infeksi ulang, kambuh, atau tes yang tidak konsisten.

Menyadur dari Reuters, Jumat (17/4/2020), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) telah melaporkan 141 kasus pasien sembuh kembali positif Covid-19 pada Kamis (16/4/2020).

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Virus Corona, Rumah Nikita Mirzani Dijaga Ketat Dua Orang Polisi, Ada Apa? Eks Dipo Latief Bongkar Hal Ini

Infeksi ulang atau kambuh?

Meski infeksi ulang atau re-infeksi akan menjadi skenario paling memprihatinkan karena berimplikasi pada pengembangan kekebalan dalam suatu populasi, tetapi KCDC dan banyak ahli menilai kemungkinan itu sangat kecil, bahkan tak mungkin.

Sebaliknya, KCDC berpandangan, hal itu terjadi karena kambuh atau reaktivasi virus.

Kambuh artinya, sebagian virus memasuki keadaan tidak aktif untuk sementara waktu.

Baca Juga: Lindungi Mereka Ya Tuhan dan Semoga Segera Pulih, 46 Tenaga Medis di RS Kariadi Semarang Dinyatakan Positif Virus Corona, Begini Pesan Mereka

Kemungkinan lainnya adalah, beberapa pasien mungkin memiliki kondisi tertentu yang membuat mereka rentan terhadap virus yang kembali hidup dalam sistem tubuh mereka.

Baru-baru ini, para dokter di China dan Amerika Serikat melakukan penelitian dan hasilnya menunjukkan bahwa virus corona dapat merusak limfosit T atau dikenal sebagai sel T.

Source : Reuters, Kompas.com

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest