Follow Us

Libatkan Anak Saat Lakukan Aktivitas Berkebun, Ini Manfaatnya!

Kontributor 01 - Kamis, 02 Juli 2020 | 08:00
Ilustrasi taman untuk anak-anak .
dok. gardeners.com

Ilustrasi taman untuk anak-anak .

IDEAOnline-Tanpa kita sadari, anak-anak terus bertumbuh, belajar, dan berkembang setiap hari dalam hidup mereka.

Dan untuk mempelajari keterampilan baru, anak-anak tidak perlu selalu duduk di belakang meja atau di depan layar komputer.

Mendorong anak-anak untuk beraktivitas di luar ruangan, membuat tangan mereka kotor di kebun juga akan membantu mereka mengembangkan keterampilan hidup baru yang berharga.

Lagipula, apa yang bisa lebih menyenangkan daripada menjadi kotor, menggali tanah, menanam bunga-bunga mereka sendiri, menyiraminya dengan air, dan memerhatikan tanaman-tanaman tumbuh?

Bukan hanya menyehatkan, anak-anak dapat belajar keterampilan baru, bersenang-senang, bermain, dan mengembangkan rasa percaya diri dengan menghabiskan waktu di kebun merawat tanaman dan menanam sumber makanan mereka sendiri.

Selain itu, berkebun membantu mengajari anak-anak pentingnya mengelola, sambil memperkuat pemberdayaan dan ketegasan, serta menjadi momen menyenangkan menghabiskan waktu bersama orangtua mereka.

Menurut Colin Campbell-Preston BSc (Hons) Hortic, managing director Capital Gardens, setidaknya ada enam manfaat berkebun untuk anak-anak.

Baca Juga: Waspadai Tetanus, Hindari Ada Luka dan Goresan di Tubuh saat Berkebun

Ilustrasi Taman mungil dalam pot.

Ilustrasi Taman mungil dalam pot.

1. Tanggung jawab

Mengajari anak-anak pentingnya tanggung jawab akan membuat mereka siap menghadapi semua aspek kehidupan mereka.

Source : kompas

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest