Follow Us

Bisakah Hewan Peliharaan Termasuk Kucing Tertular Covid-19 Delta? Ini Penjelasannya

Ferry Budi Saputra - Minggu, 18 Juli 2021 | 08:00
ilustrasi kucing
shutterstock

ilustrasi kucing

HAI-Online.com - Seperti diketahui manusia dapat tertular virus corona dengan berbagai gejala yang ditimbulkan setelah terpapar.

Baca Juga: Apa Syarat Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri Dinyatakan 'Sembuh'?

Disebutkan juga baru-baru ini virus Covid-19 varian Delta dapat menular lebih cepat. Hal ini tentu membuat khawatir banyak orang.

Bagi yang memiliki hewan peliharaan di rumah juga ada banyak kemungkinan mereka bertanya-tanya dapatkah virus corona menular ke hewan peliharaan mereka terutama kepada kucing.

Jawabannya, ternyata ada risiko penyebaran virus Covid-19 dari manusia ke hewan peliharaan. Akan tetapi, para ilmuwan masih mempelajari tentang virus penyebab Covid-19, termasuk kemungkinan penularannya ke kucing.

Sementara penelitian terus dilakukan, sejumlah temuan mengungkapkan bahwa virus ini dapat menyebar dari manusia ke hewan dalam beberapa situasi. Terutama bila ada kontak dekat dengan seseorang yang mengidap Covid-19, misalnya sang pemilik atau anggota rumah tangga lain.

Studi pada Juli 2021 baru-baru ini menyebutkan bahwa ada bukti rute penularan virus dari manusia ke hewan, bukan sebaliknya.

Para peneliti dari Universitas Utrecht Belanda mengetes kucing dan anjing dari Covid-19 di rumah tangga yang terpapar virus.

Hasilnya, 4 persen anjing dan kucing memiliki tes PCR positif yang menunjukkan infeksi aktif dan 17 persen memiliki antibodi yang menunjukkan infeksi. Ini menunjukkan bahwa sekitar 20 persen hewan peliharaan yang sebelumnya terpapar kemungkinan terinfeksi.

Baca Juga: Main-main dengan Challenge Malaikat Maut, 9 Remaja di Bekasi Kehilangan 1 Temannya yang Tewas Karena Ngeprank Supir Truk

Jika anjing dan kucing telah terinfeksi, mereka biasanya tidak memiliki gejala, atau gejala pernapasan atau diare yang sangat ringan.

Baca Juga: Ketahui Covid-19 Varian Delta dan Gejala Umumnya Apabila Terpapar

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest