Follow Us

Indonesia Bakal Sambut 6 Pahlawan Nasional Baru di Hari Pahlawan 2020, Siapa aja Mereka?

Bagas Rahadian - Selasa, 10 November 2020 | 10:54
Sultan Baabullah
Kompas.com

Sultan Baabullah

HAI-Online.com - Pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Presiden Joko Widodo akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh terpilih.

Melansir Antara dari Kompas.com, Senin (9/11/2020), Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan bahwa akan ada enam tokoh yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional di tahun 2020.

"Jika tidak ada perubahan, Presiden akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh. Nama-nama tentunya sudah melalui proses seleksi oleh Kementerian Sosial dan Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan," kata Juliari dalam keterangan resmi.

Baca Juga: Dylan Sada Nggak Cuma Dikenang Sebagai Model, Ia Juga Pengisi Suara Iklan Legendaris Ini

Juliari mengatakan Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional akan dilaksanakan di Istana Negara pada Selasa (10/11/2020) bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Nah, siapa aja tokoh pahlawan nasional baru ini? Berikut profil mereka.

1. Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara

Sultan Baabullah merupakan Sultan ke-7 dan penguasa ke-24 Kesultanan Ternate di Kepulauan Maluku yang memerintah antara tahun 1570 dan 1583.

Pada masa pemerintahannya, ia berhasil mengusir Portugis dan merupakan masa keemasan Kesultanan Ternate.

2. Machmud Singgirei Rumagesan

Machmud Singgirei Rumagesan merupakan pejuang integrasi Papua yang dengan gagah berani menentang pemerintahan Kolonial Belanda.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest