Follow Us

Temuan Sejumlah Studi: Golongan Darah 'O' Berisiko Lebih Rendah Terjangkit Covid-19, 'A' Cenderung Rentan

Bagas Rahadian - Jumat, 16 Oktober 2020 | 16:29
Transfusi darah
Daily Mail

Transfusi darah

HAI-Online.com - Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara peningkatan kasus Covid-19 dengan golongan darah.

Sebuah studi terbaru mengatakan, orang dengan golongan darah O cenderung memiliki risiko lebih rendah tertular virus SARS-Cov-2 dibandingkan dengan golongan darah lain.

Sementara, dalam penelitian yang berbeda pada Juni lalu, peneliti menyimpulkan bahwa orang dengan golongan darah A memiliki risiko 45 persen lebih tinggi tertular Covid-19.

Para peneliti bahkan disebut telah mempelajari 1.900 orang di Spanyol dan Italia yang sakit parah dengan Covid-19, serta membandingkan hasilnya dengan 2.000 orang yang tidak sakit.

Sementara, di bulan Maret, sebuah penelitian di China juga mendapati temuan serupa, bahwa orang dengan golongan darah A lebih rentan terkena virus.

Sedangkan, orang dengan golongan darah O justru mendapatkan perlindungan lebih terhadap virus tersebut.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan melihat golongan darah dari 2.173 orang yang telah didiagnosis dengan Covid-19 dan membandingkannya dengan golongan darah dari populasi umum di wilayah itu.

Mereka menemukan pada populasi normal, tipe A sebanyak 31 persen, tipe B 24 persen, tipe AB 9 persen, dan tipe O 34 persen.

Baca Juga: Mengapa Ada Orang Yang Fobia Darah? Berikut Pemaparan Ilmiahnya

Pada mereka yang terinfeksi Covid-19, golongan darah tipe A sebanyak 38 persen, tipe B 26 persen, tipe AB 10 persen, dan tipe O 25 persen.

Kesimpulannya, golongan darah A pada orang normal rentan terpapar Covid-19 dan bagi yang sudah terkena virus tersebut bisa memiliki penyakit yang cukup serius.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest