Follow Us

Kita Nggak Sendiri, Ilmuwan Sebut Ada 30 Peradaban Alien di Galaksi Bima Sakti

Bayu Galih Permana - Selasa, 16 Juni 2020 | 12:00
Ilustrasi alien
PEXELS/MIRIAM ESPACIO

Ilustrasi alien

HAI-Online.com - Kalau kalian selama ini berpikir bahwa ada kehidupan lain selain di Bumi, isi otakmu sama dengan para ilmuwan dari Universitas Nottiingham, Inggris.

Seperti dilansir HAI dari UNILAD, dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Universitas Nottingham, seenggaknya ada puluhan peradaban alien yang hidup di galaksi Bima Sakti.

Menurut laporan, studi ini menggunakan teknik kalkulasi Astrobiological Copernican Limit untuk menentukan berapa banyak planet yang dapat menjadi rumah bagi para alien.

Dari perhitungan tersebut, didapati setidaknya ada sekitar 30 peradaban alien yang hidup dan aktif di galaksi Bima Sakti bersama kita.

Baca Juga: Mengenang Galang Rambu Anarki dan Band Hardcore Anehnya yang (Mungkin) Kita Nggak Bakal Pernah Dengar Musiknya

Pemimpin penelitian itu, Christoper Conselice menjelaskan bahwa kehidupan di Bumi sendiri baru terbentuk setelah lima miliar tahun.

Dengan asumsi tersebut, Conselice dan tim memprediksi lusinan kehidupan di planet-planet lain yang ada dalam galaksi Bima Sakti.

"Ide dari studi ini mengacu pada evolusi, tetapi pada skala kosmik. Tim menyebut perhitungan yang kami lakukan ini sebagai Astrobiological Copernican Limit," ujar Conselice.

Hmm, kalau menurut kalian sendiri gimana sob? Kira-kira adakah kehidupan lain selain di Bumi? (*)

Source : Unilad

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest