GridKids.id - Setelah membahas tentang kegiatan ekonomi yang berupa produksi, distribusi, dan konsumsi, kali ini kita akan mempelajari tentang pasar.
Berdasarkan pada pembahasan materi Ilmu Ekonomi kelas X SMA buku Kurikulum Merdeka, GridKids akan mencari tahu apa pengertian pasar menurut para ahli.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pasar adalah tempat orang berjual beli.
Ada berbagai jenis pasar, seperti pasar tradisional, swalayan, maupun pasar daring atau marketplace.
Sementara menurut kajian ilmu ekonomi, pasar diartikan sebagai suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang atau jasa tertentu.
Pasar menyediakan kebutuhan yang umumnya diperlukan oleh manusia, baik berupa barang atau jasa.
Nah, pasar menjual barang yang beragam, seperti makanan, penjualan pakaian, jasa, hingga elektronik.
Tahukah kamu? Ada beberapa ciri-ciri yang menjadikan suatu tempat agar bisa dikatakan sebagai pasar.
Mulai dari memiliki penjual dan pembeli, banyak barang dan jasa, hingga terdapat tawar menawar ya, Kids.
Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui pengertian pasar menurut para ahli.
Pengertian Pasar Menurut Para Ahli
Baca Juga: Ilmu Ekonomi Kelas 10 SMA: Apa Saja Tantangan yang Dihadapi Produksi, Distribusi, dan Konsumsi?
1. Kotler dan Amstrong
Pengertian pasar menurut Kotler dan Amstrong adalah seperangkat pembeli aktual dan potensial dari sebuah produk atau jasa.
2. Philip dan Duncanadan
Berdasarkan pendapat Philip dan Duncanadan, pasar merupakan sesuatu yang digunakan untuk menempatkan barang yang dibutuhkan oleh konsumen.
3. Simamora
Pasar menurut Simamora ialah sebagai sekumpulan orang yang membutuhkan dan menginginkan produk tertentu, mempunyai kemampuan dan kemauan untuk membelinya, dan bisa memutuskan untuk membeli produk itu.
4. Cyril Belshaw
Pengertian pasar menurut Cyril Belshaw adalah proses interaksi antara penjual dan pembeli.
5. Atep Adya Barata
Pasar menurut Atep Adya Barata adalah tempat berkumpulnya penjual dan para calon pembeli, baik secara tatap muka langsung maupun enggak untuk melakukan pertukaran barang dan jasa.
Baca Juga: Ilmu Ekonomi Kelas X SMA: 3 Jenis Kegiatan Ekonomi serta Contohnya
6. Ehrenberg
Ehrenberg berpendapat bahwa pasar adalah tempat berjumpanya penjual dan pembeli.
Nah, dalam perjumpaan ini, ada barang/jasa sebagai produk yang dipertukarkan, dan harga sebagai alat pertukaran.
Sebagai tambahan informasi, berikut ini manfaat pasar antara lain:
1. Mempermudah proses distribusi barang dari produsen hingga sampai ke tangan pembeli.
2. Pasar bermanfaat sebagai pembentuk harga dan nilai.
3. Pasar juga menjadi tempat mencari keuntungan.
4. Bermanfaat sebagai tempat yang efektif untuk melakukan promosi dengan mengenalkan produk yang diperjualbelikan.
Nah, itulah informasi tentang pengertian pasar menurut para ahli dan manfaatnya.
Pertanyaan: Sebutkan jenis-jenis pasar! |
Petunjuk: Cek di halaman 1. |
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.