Find Us On Social Media :

Pengertian Minat Beli Menurut Para Ahli, Mulai dari Kotler dan Keller

Minat beli adalah perilaku pada konsumen yang tumbuh dari dalam diri atas rasa yakin sebelum melakukan pembelian terhadap suatu produk

GridKids.id - Minat beli merupakan bagian dari komponen perilaku dalam mengonsumsi.

Minat beli konsumen pada dasarnya merupakan faktor pendorong dalam pengambilan keputusan pembelian terhadap suatu produk.

Pengertian Minat Beli dari Para Ahli

1. Menurut Kotler dan Keller

Minat beli adalah perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan konsumen dalam melakukan pembelian.

Minat beli adalah perilaku yang ada pada konsumen yang berasal dari rasa yakin konsumen terhadap suatu produk atau jasa yang ditawarkan pelaku usaha kepada konsumen.

2. Menurut Bakti et al

Minat konsumen adalah munculnya niat dalam diri seseorang sebelum melakukan pembelian terhadap suatu produk atau jasa, akan tetapi dalam pertimbangan terlebih dahulu sebelum proses pembelian berlangsung.

Minat beli adalah suatu hal yang berkaitan tentang perencanaan konsumen dalam membeli produk tertentu dengan jumlah tertentu serta pada periode tertentu, atau dapat dikatakan bahwa minat beli merupakan pernyataan mental pada diri konsumen dalam merefleksikan rencana pembelian produk dengan jumlah dan merek tertentu.

3. Menurut Engel

Minat beli adalah kekuatan pendorong atau sebagai motif yang bersifat intrinsik yang mampu mendorong seseorang untuk menaruh perhatian secara spontan, wajar, tanpa paksaan, dan selektif pada suatu produk untuk kemudian mengambil keputusan membeli.

Baca Juga: 4 Subjek Hukum Perdagangan Internasional

4. Menurut Bowen dan Makens

Minat beli timbul setelah adanya proses evaluasi alternatif.

Dalam proses evaluasi seseorang akan membuat suatu rangkaian pilihan mengenai produk yang hendak dibeli atas dasar merek maupun niat.

5. Menurut Schiffman dan Kanuk

Minat beli adalah suatu sikap seseorang terhadap objek barang yang sangat cocok dalam mengukur sikap terhadap golongan produk, jasa, atau merek tertentu.

6. Menurut Assael Sukmawati dan Suyono

Minat beli adalah tahap dimana konsumen membentuk pilihan mereka di antara beberapa merek yang tergabung dalam perangkat pilihan.

Kemudian pada akhirnya melakukan suatu pembelian pada suatu alternatif yang paling disukainya atau proses yang dilalui konsumen untuk membeli suatu barang atau jasa yang didasari oleh bermacam pertimbangan.

7. Menurut Durianto dan Liana

Minat beli merupakan sesuatu yang berhubungan dengan rencana konsumen untuk membeli produk tertentu serta berapa banyak unit produk yang dibutuhkan pada periode tertentu.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan minat beli merupakan pernyataan mental dari konsumen yang merefleksikan rencana pembelian sejumlah produk dengan merek tertentu

Baca Juga: 4 Alasan Terjadinya Jual Beli dan di Mana Saja Peristiwa itu Terjadi

Kendati demikian, suatu produk dikatakan telah dikomsumsi oleh konsumen apabila produk tersebut telah diputuskan oleh konsumen untuk dibeli. 

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.