Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Membuat Rancangan Produk? Ini Langkah-langkahnya

Jika ingin membuat sebuah produk, kita harus mengetahui cara perancangannya.

GridKids.id - Kids, apakah kamu tahu bagaimana cara membuat rancangan produk?

Nah, bila kamu ingin menghasilkan sejumlah barang dari industri, kamu harus mengetahui proses perancangan produk.

Sebab, produk-produk yang kita gunakan dan temui sehari-hari merupakan produk yang dibuat lewat perancangan.

Proses ini memerlukan penyusunan konsep yang matang, baik menggunakan produk baru atau lama yang sudah memenuhi kebutuhan pasar.

Tujuan dari perancangan produk ini yaitu agar menghasilkan barang yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Perancangannya sendiri berorientasi pada kebutuhan dan kemauan pelanggan, Kids.

Kebutuhan pelanggan diproses lewat gambar komputer dan analisis teknik, kemudian perancangannya bisa diatur sesuai waktu untuk mulai dikonsumsi dan dipasarkan.

Perancangan produk ini masuk ke dalam setiap aspek teknik produk, mulai dari pertukaran atau pergantian komponen dalam pembuatan, perakitan, penyelesaian hingga operasi biasa.

Lalu, bagaimana cara membuat rancangan produk?

Langkah Pra-perancangan Produk

1. Penetapan asumsi perancangan.

Baca Juga: Pengertian Pemasaran dan Jenis-jenisnya

2. Orientasi produk

Langkah Perancangan Produk

1. Fase Informasi

Fase ini memahami seluruh aspek yang berkaitan dengan produk termasuk yang ingin dikembangkan.

Caranya yaitu dengan mengumpulkan informasi-informasi yang dibutuhkan secara akurat.

2. Fase Kreatif

 Fase ini bertujuan untuk menampilkan alternatif yang dapat memenuhi fungsi kebutuhan.
 
 
 
 
 
 
Fase ini bertujuan untuk memilih salah satu alternatif tunggal dari beberapa alternatif yang ada.

Atau juga menjadi alternatif terbaik dan menjadi keluaran atau output dari fase analisis.

 
 
 

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.