Find Us On Social Media :

Apa Itu Bad News dalam Komunikasi Bisnis? Ini Penjelasannya

Intonasi atau nada dalam menyampaikan bad news mampu memberikan kontribusi yangcukup penting bagi efektivitas penyampaian pesan-pesan bisnis

GridKids.id - Komunikasi merupakan proses pengiriman dan penerimaan pesan, baik secara verbal atau non verbal.

Komunikasi terbagi beberapa jenis, salah satunya yaitu komunikasi bisnis.

Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, baik verbal maupun non verbal serta mencakup berbagai macam bentuk komunikasi guna mencapai tujuan tertentu.

Dalam dunia bisnis, komunikator perlu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan dapat memanfaatkan segala media komunikasi yang ada untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain secara efektif dan efisien.Dalam komunikasi bisnis, bad news atau berita buruk akan selalu ditemui.

Pengertian bad news

Bad news atau pesan buruk adalah pesan yang jika disampaikan akan memberikan
perasaan tak menyenangkan bagi si penerima pesan tersebut.
 
Oleh karena itu pengiriman dan pembuatan pesan bad news harus memperhatikan banyak hal serta harus menggunakan cara yang tepat agar penyampaian pesan dapat dilakukan secara efektif namun tetap memperhatikan perasaan penerima pesan bad news.
 
Tujuan dalam mengkomunikasikan bad news
 
Dalam mengomunikasikan bad news, tujuan utamanya adalah agar penerima berita mau menerimanya, menjaga niat baik untuk menyebarkan berita dan menghindar hukum atas berita yang kita sampaikan.
 
Menyampaikan berita buruk mungkin bukan merupakan tugas penulisan yang paling menyenangkan bagi seseorang, akan tetapi hal ini bisa sangat membantu jika dilakukan secara efektif.
 
Bagaimana bad news dalam komunikasi bisnis?
 
Dalam bisnis, bad news harus dikomunikasikan agar tak menimbulkan permasalahan lainnya. 
 
Bad news harus disampaikan secara jelas namun tetap berhati-hati.
 
Pendekatan komunikasi bad news
 
Bad news memiliki pendekatan organisasional yang dapat dipilih agar penerima dapat lebih memahami maksud dan tujuannya.
 
Pendekatan langsung (direct approach)
 
Pendekatan ini sebaiknya diterapkan ketika:
 
- Penerima menyukai pesan yang langsung mengarah pada suatu poin
- Pesan memiliki pengaruh kecil terhadap penerima
- Pesan disampaikan secara empati.
Pendekatan tak langsung (indirect approach)
 
Pendekatan ini sering digunakan, karena isi pesan yang disampaikan lebih detail.
 
Penyampaian awal perlu menghindari permohonan maaf dan kata pengantar yang panjang.
 
 
 
 
Pendekatan ini sering digunakan, karena isi pesan yang disampaikan lebih detail.
 
Penyampaian awal perlu menghindari permohonan maaf dan kata pengantar yang panjang.
 
Lalu, berikan alasan pendukung, untuk menjawab pertanyaan mengapa, ditulis sebelum memberi keputusan.
 
Selanjutnya, keputusan dikemukakan secara tegas. Akhir pesan sebaiknya ditutup dengan kalimat positif, hangat, atau memberi usulan atau pemecahan masalah kepada penerima.
 
Pendekatan langsung atau tak langsung dalam menyampaikan bad news dapat dipilih sesuai keadaan penerima, isi pesan, dan kapan berita tersebut disampaikan.

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.