Find Us On Social Media :

PPKN Kelas 8 : Budaya Nasional sebagai Identitas dan Jati Diri Bangsa

Budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang yang diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

GridKids.id - Kids, pada pembahasan sebelumnya kita sudah mempelajari Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda.

Pentingnya memaknai Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda agar kita dapat mengimplementasikan nilai-nilai luhur dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, pertanyaannya apakah kalian masih mengenal ragam budaya nasional? Untuk bisa melestarikan budaya nasional, tentu saja kalian harus mengenal ragam budaya nasional terlebih dahulu. 

Budaya adalah suatu kebiasaan yang tumbuh dan berkembang dalam suatu masyarakat dan dijaga kelestariannya secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Budaya yang berbeda di setiap daerah tersebut menjadi keberagaman atau diversity dan memperkaya kebudayaan nasional.

Indonesia Beragam Budaya

Ragam kebudayaan yang lahir dari yang lahir dari Bangsa Indonesia kebudayaan yang berkarakteristik religius.

Indonesia lahir dari kebudayaan yang dilandasi nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dan nilai-nilai sosial juga kemanusiaan.

Indonesia memilki kebudayaan yang menjunjung tinggi nilai kesopanan sebagai pengalaman sila kemanusiaan yang adil dan beradab.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.